ISESCO: Rabat Jadi Ibukota Kebudayaan Dunia Islam 2022

, MINA – Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Dunia Islam (ISESCO) telah memilih Rabat sebagai Ibukota Kebudayaan Dunia Islam 2022 untuk Wilayah Arab.

Setiap tahunnya, Badan Budaya ICESCO memilih tiga kota dari Afrika, Asia dan Timur Tengah sebagai ibu kota budaya Islam. Penyeleksian itu mencangkup signifikansi kontemporer dan historis budaya, arsitektur dan seni daerah, serta kontribusinya terhadap Islam.

Pemilihan Rabat sebagai Ibu kota Budaya Islam 2022 itu diumumkan oleh Direktur Jenderal ISESCO Salim M. AlMalik, dan Mohamed Al-Mehdi Bensaid, Menteri Pemuda, Kebudayaan dan Komunikasi Kerajaan , Jumat (5/11).

Kantor Berita OKI melaporkan, pertemuan di kantor pusat Kementerian Pemuda, Kebudayaan dan Komunikasi Maroko itu, membahas langkah-langkah eksekutif terkait dengan menyepakati rincian program dan kegiatan yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2022, sebagai bagian dari perayaan Rabat sebagai Ibukota Kebudayaan Dunia Islam 2022.

Kedua pihak juga membicarakan tentang pertemuan konsultatif yang akan diadakan pada 22 November 2021, untuk mempresentasikan cetak biru program perayaan, yang akan mempertemukan perwakilan dari semua kementerian di Pemerintah Maroko yang baru dan tim ISESCO.

Selanjutnya, mereka membahas usulan Kementerian Kebudayaan Maroko untuk menyelenggarakan Pameran Buku dan Penerbitan Internasional edisi mendatang di Rabat, yang merupakan salah satu acara budaya utama di Maroko dan menampilkan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan buku, publikasi, dan budaya.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak juga membahas perkembangan terkini mengenai beberapa proyek budaya dan warisan yang akan dilaksanakan oleh ISESCO bekerja sama dengan Kementerian Pemuda, Kebudayaan dan Komunikasi Maroko.

Sementara itu, mereka menegaskan kembali keinginan mereka untuk mempertahankan kerjasama yang bermanfaat antara ISESCO dan Kementerian di bidang pelatihan pemuda dan peningkatan kapasitas, budaya, warisan dan co-organisasi sejumlah acara budaya. (R/R1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.