Israel Bongkar Permakaman Bersejarah Muslim Dekat Tembok Al-Aqsha

Kota Al-Quds, MINA – Pemerintah telah melanjutkan pekerjaan penggalian di , tepat di luar tembok timur Masjid Al-Aqsha di Kota Al-Quds (Yerusalem), menurut kantor berita Wafa.

Otoritas Alam dan Taman Israel (INPA) dilaporkan mulai menggali kuburan sekitar tiga pekan lalu untuk membangun “taman nasional di beberapa bagian tanah permakaman,” kata Wafa seperti dilansir Daily Sabah, Senin (4/6).

Permakaman berusia berabad-abad itu memiliki makna keagamaan yang besar dan merupakan situs kuburan Ubada ibn as-Samit dan Shadad ibn Aus, sahabat Nabi Muhammad.

Wafa mengatakan INPA bulan lalu memagari bagian permakaman yang rencananya akan dianeksasi, termasuk tanah tempat para pemimpin Muslim dimakamkan.

Baca Juga:  PBB akan Gelar Pemungutan Suara untuk Keanggotaan Penuh Palestina

Beberapa warga Palestina dilaporkan terluka oleh tindakan polisi Israel ketika mereka mencoba untuk menghentikan pembongkaran kuburan selama akhir pekan.

Pembongkaran di Bab Al-Rahma dimulai pada tahun 2015, ketika pemerintah Israel mengumumkan mereka akan merebut bagian permakaman untuk membangun jejak taman nasional.

Israel tidak memiliki hak hukum untuk mencaplok lahan di Yerusalem Timur yang diduduki, menurut beberapa . Namun demikian, penodaan situs-situs suci – baik Muslim maupun Kristen – secara rutin dilakukan oleh Israel. (T/R11/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0