Istiqlal Sediakan Fasilitas untuk Disabilitas Saat Shalat Idul Adha

Jakarta, MINA – Guna meningkatkan layanan bagi jamaah, Jakarta akan menyediakan khusus bagi para para penyandang disabilitas pada gelaran shalat 11 Agustus 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Syamsuddin HA, Wakil Kepala Bidang Riayah Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) di sela-sela acara diskusi terbatas, bertema “Masalah-masalah Aktual Bidang Paham Keagamaan Islam” yang digelar Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama di Jakarta, Senin (5/8).

Ia mengatakan, Masjid Istiqlal sebenarnya telah menyediakan sarana bagi para penyandang disabilitas ini, khususnya sejak ada bantuan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2008. Sarana itu meliputi lift khusus dan tempat wudhu khusus.

“Sayangnya peruntukkan layanan tersebut belum maksimal. Dan kadang tidak terpakai ketika shalat Id karena Pintu Ar-Rahman (untuk akses kaum ) sering kali diharuskan steril oleh protokol Istana karena kunjungan presiden atau wakil presiden,” ujarnya.

Pada Idul Adha kali ini, akses tersebut diusulkan dibuka. Tak hanya itu, Masjid Istiqlal juga akan menyediakan penerjemah dalam bahasa isyarat bagi para tunarungu untuk bisa mengakses materi khutbah.

Syamsuddin menyadari, sebagai masjid terbesar se-Asia Tenggara, Masjid Istiqlal punya tanggung jawab memberi contoh bagi masjid-masjid lain di Indonesia.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin mendorong komitmen layanan bagi kaum difabel ini terealisasi dengan maksimal.

Ia berharap tidak menjadikan kendala biaya sebagai alasan karena akses beribadah secara nyaman adalah hak setiap umat, termasuk untuk mereka yang punya keterbatasan secara fisik.

“Gebrakan ini mesti diviralkan biar menjadi teladan bagi masjid-masjid provinsi. Dan saya minta, ini menjadi program tahunan. Bahkan kalau bisa diteruskan tiap Jumat,” pungkasnya. (R/Ast/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.