Jet Israel Serang Pasukan Rezim Assad di Dataran Tinggi Golan

Golan, 16 Syawwal 1437/21 Juli 2016 (MINA) – Jet tempur Israel Rabu kemarin (20/7/2016) telah menyerang pasukan rezim Assad di Provinsi Quneitra, barat daya , sebuah daerah zona penyangga di .

Menurut kesaksian warga, tanpa menyebut nama karena takut untuk keselamatan mereka, jet tempur Israel menyerang konsentrasi pasukan Assad di kota Baath, Dataran Tinggi Golan, Suriah, seperti dilaporkan Daily Sabah.

“Asap hitam mengepul dari kawasan akibat serangan,” menurut warga setempat.

Insiden itu merupakan yang ketiga kalinya dalam satu bulan terakhir pesawat tempur Israel telah menargetkan pasukan rezim Suriah di provinsi Quneitra.

Dataran Tinggi Golan adalah sebuah pegunungan di wilayah perbatasan Palestina, Lebanon, Jordania dan Suriah.

Wilayah ini merupakan bagian dari Suriah. Namun Israel merebutnya dari Suriah pada tahun 1967 dalam Perang Enam Hari. Pada tahun 1973, Suriah berhasil mengambilnya kembali dalam Perang Yom Kippur. Namun kemudian pasukan Israel merebutnya lagi sebagian besar kawasan tersebut.

Menurut CNN, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan tidak akan pernah mengembalikan Dataran Tinggi Golan seluruhnya kepada Suriah selamanya.

Israel mengatakan wilayah itu telah menjadi bagian dari sejarah masa lalu mereka, dan Suriah yang kini dilanda konflik tidak mampu mengurus kawasan seluas 1.800 kilometer persegi tersebut.

Perjanjian antara Suriah dan Israel pada tahun 1974, juga menyerukan kedua negara untuk menahan diri dari semua aksi militer sejalan dengan Resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 339 dari tahun 1973.

Sehari sebelum gempuran ini, sebuah pesawat mata-mata tanpa awak (drone) dari Suriah memata-matai Israel di Golan. Israel menembaknya dengan tiga peluru kendali, tapi ketiga peluru kendali Israel itu gagal mengenai sasarannya. Drone pulang dengan aman. Israel menuduh drone itu milik Pemeritah Suriah atau milik Hizbullah milisi Iran yang berjuang di Libanon untuk melawan Israel.

(T/P4/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://dailysabah.com/mideast/2016/07/20/israel-strikes-assad-regime-in-syrian-golan-heights

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.