JMSI AWARD 2024, Ketua Dewan Pers Apresiasi Kontribusi JMSI Ciptakan Pers Profesional

Jakarta, MINA – Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu mengapresiasi Jaringan Media Siber (JMSI) yang memberikan kontribusi besar pada anggota dan masyarakat.

Ninik mengatakan, fungsi organisasi di JMSI sebagai organisasi pemilik media online sudah dijalankan dengan maksimal di JMSI, dilakukan profesional, inovasi oleh pengurus JMSI dalam memberdayakan anggota.

“JMSI sangat produktif, bagaimana cara menciptakan anggota yang profesional namun juga mensejahterakan anggota dan berdampak sosial,” kata Ninik, di sela Malam Anugerah , Jakarta, (19/2).

Ninik merasakan kebesaran JMSI. Menurut dia, meski JMSI baru seumur jagung, 4 tahun namun JMSI seolah sudah dewasa.

“Saya merasa JMSI seperti seperti 40 tahun bukan 4 tahun(berdiri)” ucapnya.

Baca Juga:  Dijegal Irak, Timnas Indonesia U-23 Masih Berpeluang Ikut Olimpiade di Paris

“Kami apresiasi JMSI karena sudah menaungi anggota dengan profesional, ini sebuah perkumpulan, komunitas betul-betul yang ikut bertanggung jawab mengembangkan organisasi,” tambahnya.

Kata Ninik, saat ini jurnalisme memiliki tantangan besar, Dewan Pers berusaha agar kerja pers tidak tergerus dengan teknologi buatan manusia, teknologi yang membantu jurnalisme, namun bukan kerja jurnalisme, kerja jurnalisme memiliki nilai dan rasa.
Ia mengibaratkan, mungkinkah kerju hakim digantikan oleh mesin. Keputusan hakim dipenuhi nilai keadilan berdasarkan keyakinan Tuhan Yang Maha Esa. Namun jika mesin langsung diputuskan dengan penjabaran kesalahan.

“Kerja hakim tidak mungkin digantikan mesin,” ungkapnya.

Artinya kata Ninik, seperti peran jurnalisme tidak akan tergantikan, karena kerja-kerja jurnalisme harus dengan nilai kemanusiaan, seiring dengan perkembangan zaman, mesin harus menjadi hamba wartawan, sebagai perangkat yang membantu kerja jurnalisme, bukan wartawan yang menjadi hamba mesin.

Baca Juga:  Al-Fatah Rescue Beri Pembekalan Bantuan Hidup Dasar di SDI As-Shafa Depok

“Media siber menjadi pilihan masyarakat, memberikan pengetahuan, kontrol sosial yang harus dipertahankan sebagai kepercayaan publik,” ucapnya. (l/RA1/P1)

Miraj News Agency (MINA)

Wartawan: Rifa Arifin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.