KAMPANYE SUMBANG TEPUNG UNTUK BIKIN ROTI BANTU WARGA SURIAH

Aktivis lembaga kemanusiaan Turki IHH membuat 200.000 roti per hari untuk warga Suriah. (Foto: AA)
Aktivis lembaga kemanusiaan Turki membuat 200.000 per hari untuk warga Suriah. (Foto: AA)

Istanbul, 10 Muharram 1437/23 Oktober 2015 (MINA) – Yayasan Bantuan Kemanusiaan (IHH) Turki telah meluncurkan kampanye menyumbang tepung untuk meningkatkan produksi roti di Suriah.

Lembaga bantuan internasional itu membutuhkan sumbangan tepung untuk menangani permintaan tambahan roti selama musim dingin dan untuk menurunkan harga yang menjulang.

“Kami menggunakan 20 ton tepung per hari, itulah sebabnya mengapa kami harus menerima sumbangan tepung untuk membuat roti agar bisa kami berikan ke berbagai daerah di Suriah,” kata Anggota Dewan Eksekutif IHH, Osman Atalay kepada Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat (23/10).

IHH saat ini memproduksi sekitar 200.000 roti sehari untuk rakyat Suriah.

Kampanye “Flour Urgently Needed” (Tepung Sangat Dibutuhkan) dicanangkan setelah harga roti di Suriah menembus harga £ 1.300 Suriah per potong (sekitar $ 6).

Sebagai makanan pokok, permintaan roti sangat tinggi di Suriah, baik di kamp-kamp pengungsi, kota-kota dan desa-desa.

“Tepung yang digunakan untuk membuat roti sebagian besar berasal dari Turki, karena belum ada pertanian yang sehat dan perdagangan di Suriah selama empat tahun terakhir,” kata Atalay.

“Konsumsi Roti meningkat di musim dingin. Kami terus memproduksi roti di toko roti kami di Kilis (Turki). Seperti cuaca menjadi dingin hari ini, kita telah melihat kebutuhan mendesak untuk tepung,” katanya.

Atalay menyerukan perusahaan dan lembaga lain untuk membantu menambah kekurangan pasokan tepung untuk kemanusiaan itu. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0