Kapal Freedom Flotilla Menuju Pelabuhan Jerman di Hamburg

Satu dari empat kapal Freedom Flotillah berbendera Norwegia di Italia, siap menuju Gaza, Palestina. (Foto: dok. Press TV)

Hamburg, MINA – Handala, kapal yang menyuarakan kampanye untuk menghancurkan , hari Ahad (30/7) meninggalkan kota Belanda Rotterdam menuju Hamburg di Jerman.

Dalam sebuah pernyataan, Kepala Komite Internasional untuk Menghancurkan Blokade di Gaza, Zaher Birawi, mengatakan: “Tahap perjalanan Handala ini merupakan inti dalam penciptaan negara solidaritas internasional dengan Palestina.” MEMO melaporkan.

“Handala memalingkan pandangan orang Eropa terhadap penderitaan Jalur Gaza dan penderitaan rakyat Palestina akibat blokade Israel yang telah diberlakukan di Gaza selama lebih dari 16 tahun,” lanjutnya.

Dalam pernyataannya, Birawi mengatakan, blokade Israel yang dilakukan di Gaza merupakan pelanggaran hukum internasional dan merupakan pelanggaran mencolok terhadap hak-hak dasar warga Palestina.

Birawi mengatakan, Freedom Flotilla akan mengevaluasi tahap pertama dari turnya dan kemudian mengumumkan tujuan barunya, “untuk lebih menekan pemerintah Uni Eropa” melaksanakan “tugas mereka untuk mengakhiri blokade.” (T/R7/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.