Kelompok Pejuang Palestina Terus-menerus Produksi Video Pertempuran

Oleh: Jon Elmer, jurnalis dan kontributor The Electronic Intifada

Dalam pertempuran yang dimulai pada tanggal 7 Oktober 2023, kelompok perlawanan terus-menerus memproduksi video yang mendokumentasikan pertempuran tersebut.

Kami berbicara tentang berbagai front perlawanan di luar pertempuran di Gaza dan peran media dari kelompok-kelompok ini dalam mendokumentasikan elemen penting dari perjuangan tersebut.

Media dari semua kelompok pejuang utama dalam konflik regional yang secara bertahap meningkat ini sibuk. Brigade al Qassam dan Saraya al-Quds di Gaza merilis video medan perang secara rutin, meskipun komunikasi sering terputus di Gaza dan terjadi pengeboman terus-menerus dari Israel.

Front lain dalam perang ini juga aktif.

Di Yaman, Ansarallah merilis melalui media mereka rekaman video penyitaan kapal milik Israel di Laut Merah.

Ketika Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS dilaporkan meminta Ansarallah – yang juga dikenal sebagai Houthi – untuk melepaskan kapal tersebut, seorang pejabat senior di sayap media Ansarallah menjawab di media sosial, “tidak.”

Kapal tersebut dilaporkan ditahan di pelabuhan Yaman, menurut citra satelit yang diperoleh The New York Times.

Ansarallah dan Angkatan Bersenjata Yaman telah menyerang Israel dan sekutunya dengan rudal dan drone beberapa kali sejak perang di Gaza dimulai, termasuk menembak jatuh drone MQ-9 Reaper AS di lepas pantai Yaman pada awal bulan ini.

Baca Juga:  PBB: 630.000 Warga Palestina Mengungsi dari Rafah Sejak 6 Mei

Sementara itu, cabang media Hizbullah di Lebanon telah menerbitkan lebih dari empat puluh video dalam enam pekan terakhir yang menunjukkan pejuang mereka menyerang sasaran Israel di utara, termasuk video roket Burkan dengan hulu ledak berat yang ditembakkan ke pangkalan militer Israel.

Burkan yang dapat membawa muatan seberat beberapa ratus kilogram tersebut adalah amunisi terberat yang dikerahkan sejauh ini oleh Hizbullah Lebanon. Ini adalah eskalasi yang dibicarakan oleh pemimpin Hizbullah Hasan Nasrallah dalam pidatonya baru-baru ini.

Israel fokus serang sipil dan rumah sakit

Tentu saja Gazalah yang menjadi fokus perlawanan.

Selama akhir pekan, Brigade al Qassam merilis sebuah video yang merupakan kumpulan dari banyak serangan mereka, dimulai dengan serangan mendadak pada tanggal 7 Oktober terhadap Divisi Gaza milik militer Israel, ketika para pejuang mereka menerobos pagar perbatasan berteknologi tinggi Israel yang bernilai miliaran dolar dan menyerbu pangkalan dan pos terdepan militer Israel, menyita peralatan, kendaraan dan menangkap puluhan tentara.

Baca Juga:  Knesset Israel: Tak Satu pun Brigade Hamas Dihancurkan di Gaza

Video-video dari Gaza terus beredar, terutama sejak invasi darat Israel dimulai pada pekan terakhir bulan Oktober.

Rekaman kamera helm yang direkam oleh para pejuang Palestina menunjukkan pertempuran sengit di perkotaan ketika para pejuang menyerang tank, pengangkut pasukan lapis baja, buldoser dan posisi militer Israel di dalam gedung-gedung di Jalur Gaza.

Rekaman yang dirilis oleh Brigade Qassam menunjukkan pertempuran dari rumah ke rumah di wilayah yang coba diduduki oleh militer Israel selama lebih dari tiga minggu sejak invasi darat mereka. Ini termasuk dokumentasi pertempuran di Beit Hanoun, di timur laut Jalur Gaza, yang menunjukkan jelas adanya korban dari pihak Israel.

Dalam pertempuran di Kota Gaza, sebuah video Qassam menunjukkan seorang pejuang mengirimkan peluru anti-tank Yassin buatan Gaza di antara menara tank Israel dan lambungnya yang lebih berlapis baja, sebuah taktik yang telah mereka tunjukkan sebelumnya.

Baca Juga:  Inilah 13 Keutamaan Ibadah Qurban  

Video lain menunjukkan lebih banyak senjata anti-tank Yassin dan peralatan militer Israel yang tampaknya dirampas.

Israel juga merilis video, meskipun video tersebut belum menunjukkan seorang pejuang Palestina sedang melawan pasukan mereka. Seringkali videonya sangat pendek dan memperlihatkan pasukan IDF (Pasukan Pertahanan Israel), yang tampaknya tidak mendapat perlawanan, menembak ke kejauhan dan meledakkan gedung-gedung.

Dalam pesan audio baru-baru ini, Juru Bicara Brigade al-Qassam Abu Ubaidah mengatakan bahwa ketika pejuang Palestina di Gaza melakukan konfrontasi dengan militer, militer Israel fokus menyerang rumah sakit dan warga sipil.

Sepanjang enam pekan terakhir, rekaman luar biasa yang disiarkan oleh para pejuang – mulai dari momen pertama serangan tanggal 7 Oktober hingga invasi darat militer Israel ke Gaza – telah menjadi bagian penting dalam pemahaman kita tentang pertempuran tersebut. (AT/RI-1/P1)

 

Sumber: The Electronic Intifada

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf