Kemenag Gandeng Kementan Berdayakan Pertanian Pesantren

Serang, MINA – Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Waryono Abdul Ghafur mengatakan, akan mengintensifkan koordinasi dan sinergi dengan untuk memberdayakan potensi pertanian pesantren.

Hal itu disampaikannya saat meninjau budi daya tanaman Porang oleh pesantren di Pandeglang. Demikian keterangan yang diterima MINA, Ahad (20/12).

“Kemenag mendukung fungsi pesantren dalam hal pemberdayaan masyarakat sebagaimana diamanatkan UU Pesantren. Pihaknya akan bekerja sama lintas lembaga, kementerian maupun swasta,” ujarnya.

Ia menambahkan, PD Pontren sudah menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Kementerian Pertanian, agar dapat mensupport pesantren sebagai bagian dari lembaga yang memiliki andil dalam program ketahanan pangan.

Ketua Presidum FSPP, KH Sulaiman Effendi mengemukakan, pihaknya menanam Porang dalam rangka memberdayakan para santri dan menguatkan kemandirian pesantren.

“Sehingga, santri bukan sekadar bisa mengaji tapi juga mampu menyiapkan masa depan dirinya dari sisi ekonomi,” jelasnya

Selain itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bantren Agus M, budidaya porang oleh pesantren di Pandeglang ini didukung sepenuhnya oleh Dinas Peternakan dan Pertanian Provinsi Banten.

“Alhamdulillah melalui arahan Pak Gubernur, kami telah menghibahkan 8 Ha lahan untuk budidaya Porang. Kami akan terus memberikan pendampingan agar budidaya ini berhasil,” katanya. (R/SH/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.