KETUA DMI: HARI RAYA QURBAN WUJUD KEIKHLASAN DAN KETHAATAN

Ketua Pengurus Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), KH. Muhammad Natsir Zubaidi
Ketua Pengurus Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (), KH. Muhammad Natsir Zubaidi

Jakarta, 9 Dzulhijjah 1436/23 September 2015 (MINA) – Ketua Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Bidang Sarana, Hukum dan Waqaf, Muhammad Natsir Zubaidi mengatakan, merupakan perwujudan dari ‘keikhlasan kethaatan seorang hamba (makhluq) yang namanya manusia kepada sang Khaliq (yang Menciptakan) sembari menapak tilasi jejak Nabi Ibrahim ‘alaihissalam yang mendapat perintah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala kepada Nabi Ibrahim (sebagai orang tuanya)

Untuk menyembelih putranya semata wayang Ismail, lanjut Natsir, ini berarti seorang Nabi tidak luput dari ujian dan cobaan yang diberikan oleh Allah dan Nabi lulus dari ujian, Maka, Allah melalui malaikat memberikan ganti kambing gibas yang ‘disembelikan’.

“Hal Ini berarti merupakan I’tibar bagi manusia yang beriman harus selalu siap menerima ujian hidup apalagi dalam memelihara dan memperjuangkan keyakinan Agama,” kata Natsir saat dihubungi Mi’raj Islamic News Agency (MINA), di Jakarta, Rabu (23/9).

Ibadah Haji adalah puncak bagi umat Islam sesuai tahapan dalam rukun Islam sejak mengucapkan kalimah Syahadat, menegakkan shalat, menunaikan puasa (assyiam),

Dia juga menjelaskan, zakat dan haji merupakan Ibadah puncak guna memenuhi panggilan Allah. “Labbaika Allahuma labbaika (sesuai dengan lafadz talbiyah) dengan penuh keyakinan kita lafadzkan akan memenuhi panggilan Allah,” ujarnya.

Berqurban sebagai bukti kethaatan ‘tanpa reserve ‘ kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. karena Allah telah memberikan kenikmatan kepada kita dan ada janji dan ikrar kita dalam talbiyah bahwa tiada sekutu bagi Allah.

Selanjutnya, bagi masjid-masjid yang mendapatkan kepercayaan menerima hewan qurban dalam skala besar agar mempertimbangkan segi kesehatan hewan dan kesehatan lingkungan agar limbah yang ditimbulkan dari penyembelihan hewan tidak merusak lingkungan.

“Saya juga mengimbau agar masjid yang makmur dapat mendistribusikan kepada masjid atau  musholla dan komunitas muslim yang tidak mampu atau bisa dikirim ke daerah-daerah miskin dan minoritas Islam,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan shalat dan penyembelihan hewan qurban, sepatutnya pengurus masjid berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait seperti Dinas Peternakan dan pihak kepolisian serta Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. (L/P002/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0