Komite Gaza ke Turki Bahas Bantuan yang Diperlukan

Istanbul, 23 Syawwal 1437/28 Juli 2016 (MINA) – Ketua Komite Populer Global untuk Solidaritas di Jalur Gaza, Isam Yousef, bertemu dengan Wakil Ketua Partai Keadilan dan Pembangunan (Adalet ve Kalkınma Partisi/AKP) , Yasin Aktay di Istanbul, Turki, Selasa (27/7), untuk membahas upaya menyelesaikan krisis Gaza.

Middle East Monitor (MEMO) melaporkan, delegasi membicarakan  tindak lanjut kesepakatan Turki-Israel baru-baru ini dalam kaitan prospek memfasilitasi keperluan hampir dua juta orang warga di Jalur Gaza, yang selama ini diblokade Israel.

Yousef mengusulkan beberapa proyek yang bisa dikerjakan Turki untuk beberapa daerah yang terblokade, seperti mendirikan fasilitas ekonomi untuk menyerap sejumlah tenaga kerja Palestina yang menganggur. Kemudian membuat proyek sistem panel surya untuk menghasilkan listrik guna mengatasi krisis energi.

“Proposal juga termasuk dukungan untuk universitas, rumah sakit, spesialis pelatihan dan mengaktifkan pertukaran komersial perdagangan,” ujar Yousef kepada PalSawa.

Yousef juga menekankan pentingnya gugatan terus-menerus dari LSM-LSM lokal dan internasional untuk menyeret penjahat perang Israel ke meja Pengadilam Kriminal Internasional ICC (The International Criminal Court) di Denhaag, Belanda.  (T/P4/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.