Kondisi Pengungsian di Gaza Buruk, Hepatitis A Menyebar

Ilustrasi keluarga Palestina berlindung di sebuah sekolah UNRWA di Kota Gaza (Foto: Shareef Sarhan/UNRWA)

Gaza, MINA – Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan pada hari Rabu (17/1), Hepatitis A dengan cepat menyebar di daerah-daerah pengungsian di Gaza  sebagai akibat dari kepadatan warga dan kebersihan yang buruk.

“Kami memperingatkan agar tidak menghentikan tes darah laboratorium (CBC) kapan saja karena kurangnya bahan-bahannya,” ujar Kementrian. Palinfo melaporkan.

Sebelumnya pada hari Selasa, badan-badan PBB menekankan perlunya bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza karena risiko kelaparan meningkat dan semakin banyak orang yang terkena wabah penyakit mematikan.

Pimpinan badan-badan PBB  yakni Program Pangan Dunia, UNICEF, dan Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan dalam pernyataan bersama, rute masuk baru perlu dibuka ke Gaza, lebih banyak truk perlu diizinkan masuk setiap hari, dan pekerja bantuan serta mereka yang membutuhkan bantuan harus diizinkan masuk ke Gaza dengan aman.

Baca Juga:  UEA Peringatkan Israel tentang Eskalasi Regional di Timteng

Pernyataan tersebut menyoroti bahwa seluruh warga Gaza bergantung pada bantuan untuk bertahan hidup mengingat ketidakmampuan memproduksi atau mengimpor makanan, menekankan bantuan kemanusiaan yang dikirim tidak memenuhi kebutuhan dasar warga Gaza. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rudi Hendrik