Konferensi Internasional Peringati Perjanjian Damai Mindanao 

(Foto: Tangkapan Layar HWPL)

Pada 24 Januari 2022, lebih dari 22.000 perwakilan sosial dari 51 negara menghadiri konferensi perdamaian internasional merayakan Hari Perdamaian yang diadakan secara virtual.

Acara tersebut memperingati yang dipimpin warga sipil yang dibuat antara komunitas Islam dan Katolik di Filipina pada delapan tahun lalu.

Kembali ke tahun 2014, Heavenly Culture, World Peace, Restoration of Light (), sebuah LSM internasional menengahi konflik di Mindanao dengan mengusulkan perjanjian perdamaian oleh perwakilan lokal.

Disaksikan Ketua Man Hee Lee dari HWPL, perjanjian perdamaian itu ditandatangani oleh Hon. Esmael G. Mangudadatu, Gubernur Maguindanao saat itu, dan Uskup Agung Emeritus Fernando Capalla dari Keuskupan Agung Davao mewakili pemimpin lokal.

Sejak itu, provinsi Maguindanao dan Front Pembebasan Islam Moro (MILF) mendeklarasikan 24 Januari sebagai “Hari Perdamaian HWPL” dan telah memperingatinya sebagai acara tahunan untuk menegaskan kembali kerja sama internasional dan kemitraan lokal untuk pembangunan perdamaian di Mindanao.

Selain itu, monumen perdamaian dibangun untuk menghormati perjanjian perdamaian di Mindano. Monumen Perdamaian 1 dan 2 masing-masing didirikan pada 2015 dan 2016. Pada 2021, monumen perdamaian ketiga diresmikan di Kota Cotabato. Menjadi yang pertama di Luzon, sebuah monumen perdamaian di Dingras, Ilocos Norte diresmikan 24 Januari lalu sebagai bagian dari acara HUT ke-8 perayaan Hari Perdamaian HWPL. Juga, monumen lain yang terletak di Sekolah Menengah Nasional Terpadu Siniloan akan dibuka pada Februari.

Acara yang bertemakan “Hukum Damai di Surga dan di Bumi” ini bertujuan untuk mempromosikan kerukunan antar umat beragama dan menggalang dukungan publik untuk menetapkan hukum internasional untuk perdamaian.

Tokoh-tokoh kunci memberikan pesan ucapan selamat termasuk Presiden Senat Vicente Sotto III, Senator Panfilo Lacson, Senator Cynthia Villar, Senator Ronald ‘Bato’ Dela Rosa, Ketua Hakim Alexander Gesmundo, dan TV News Anchor Mariz Umali dari Filipina.

Pembicara utama dari berbagai bidang juga menyampaikan pesan komitmen yang menyatakan rencana mereka untuk mempromosikan perdamaian di sektor masing-masing termasuk hukum, pendidikan, pemuda, perempuan, bisnis swasta dan media.

Prabhu Mahendra Das, Presiden Kuil Sri Sri Radha Madhava Mandir, mengatakan, dia memutuskan untuk berpartisipasi dalam Kantor Perdamaian Dunia (WARP) Aliansi Agama yang diselenggarakan oleh HWPL sebagai “platform global bagi para pemimpin agama untuk berbicara, berbagi, berdiskusi, belajar , dan tumbuh bersama secara harmonis dan damai.”

Untuk kontribusi perdamaian di bidang agama, ia menambahkan, dia sangat percaya bahwa semua agama harus menjalin kemitraan melalui bentuk Nota Kesepahaman.

Hakim Raoul Victorino (purn), Ketua Philippine National Prayer Breakfast (PNPB) dan Dekan Fakultas Hukum Philippine Christian University (PCU), berbagi bagaimana ia terinspirasi oleh “gerakan revolusioner” yang diprakarsai HWPL untuk mendukung pembangunan perdamaian global melalui rancangan “Declaration of Peace and Cessation of War (DPCW)” oleh para ahli global dalam hukum internasional untuk mengadvokasi perdamaian sebagai budaya dan norma global.

“Saya akan berusaha untuk mendapatkan dukungan dari Presiden Filipina untuk Dukungan Solidaritas Nasional DPCW. Pada saat yang sama, saya akan mengintegrasikan [pendidikan] DPCW di fakultas hukum dengan bekerja sama dengan Asosiasi Sekolah Hukum Filipina,” ujarnya.

Juga, mewakili sektor pendidikan Filipina, Komisaris Ronald Adamat dari Commissioner on Higher Education (CHED) menyatakan, Komisi CHED en Banc telah mengeluarkan dukungan kepada Presiden Duterte, mendesaknya untuk mendeklarasikan 24 Januari sebagai ‘Hari Perdamaian Nasional’, akan menyediakan perayaan dan pemeliharaan perdamaian secara simultan melalui kegiatan, acara, dan upacara perdamaian oleh semua perangkat dan lembaga pemerintah, termasuk sektor swasta. Ini juga harus dirayakan dan diperhatikan di sektor pendidikan.

“Tujuan kami adalah untuk menyatukan semua orang di dunia untuk menciptakan dunia yang damai dan meninggalkannya sebagai warisan abadi untuk generasi mendatang. Untuk menjadikan dunia ini tempat yang damai tanpa perang, marilah kita menjadi pembawa pesan perdamaian. Mari kita ingatkan orang-orang di seluruh dunia tentang emosi itu—kerinduan akan perdamaian—dan Hari Perdamaian sehingga mereka dapat mengingat semua ini selamanya,” kata Ketua Lee dalam sambutan penutup.

Organisasi tuan rumah, Budaya Surgawi, Perdamaian Dunia, Pemulihan Terang (HWPL, Heavenly Culture, World Peace, Restoration of Light), adalah organisasi non-pemerintah yang terkait dengan Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC, Economic and Social Council) PBB dan Departemen Komunikasi Global (DGC, Department of Global Communications) PBB. Sejak 2013, organisasi telah berkomitmen pada berbagai kegiatan perdamaian untuk perdamaian dunia dan pengakhiran perang.

Ketua HWPL Man Hee Lee telah mengunjungi Filipina untuk berkontribusi dalam upaya membangun perdamaian di Mindanao yang dimulai dengan perjanjian damai yang dibuat pada 24 Januari 2014 lalu antara kedua kelompok yang berselisih melalui Esmael G. Mangudadatu, seorang Gubernur di Magindanao dan Fernando Capalla, mantan Uskup Agung Davao.

Melalui perjanjian tersebut, Magindanao, Mindanao telah menetapkan tanggal 24 Januari setiap tahun sebagai Hari HWPL (Peringatan Deklarasi Perdamaian Dunia) pada tahun 2015 dan membangun sebuah monumen HWPL.

Sejak itu, acara-acara peringatan tahunan seperti festival perdamaian akbar, konferensi antaragama terus berkontribusi dalam merayakan perjanjian perdamaian dan meningkatkan kesadaran akan perdamaian di antara para warga di wilayah Mindanao.

Pada peringatan perjanjian damai sipil ke-2 pada tanggal 24 Januari 2016, upacara pembukaan Monumen Perdamaian HWPL telah diadakan ketika 24 Januari dinyatakan sebagai Hari Perdamaian oleh Ketua Ahod Ebrahim di dalam MILF Sultan Kudarat, Mindanao.(AK/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)