KTT Liga Arab ke-31 Nyatakan Dukung Kemerdekaan Palestina

Aljir, MINA – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Liga Arab ke-31 yang resmi dimulai, Selasa (1/11) di Kota Aljir, Aljazair, menyatakan dukungannya untuk , Wafa melaporkan.

“Tidak akan ada perdamaian tanpa memulihkan hak-hak Palestina, yang tidak dapat diabaikan oleh undang-undang pembatasan dan pembentukan negara Palestina merdeka dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya,” kata Presiden Republik Tunisia, Kais Saied,sebelumnya dalam pidato pembukaan sebagai Presiden  ke-30 .

Saed juga menekankan perlunya rekonsiliasi intra-Palestina untuk bergerak maju sebagai prasyarat dalam menghadapi tindakan represif pasukan pendudukan Israel.

Dalam pidato pembukaannya itu, Saed menyerahkan kepresidenan Liga Arab ke Aljazair.

Sementara dalam pidatonya Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune menegaskan sentralitas perjuangan Palestina di seluruh dunia Arab. Ia menegaskan, negaranya siap untuk meminta diadakannya sidang luar biasa Majelis Umum PBB agar memberikan Negara Palestina keanggotaan penuh di PBB.

Tebboune juga berharap KTT ini dapat menjadi sebuah penghubung antar negara-negara Arab dan komite koordinasi untuk mendukung perjuangan Palestina.

“Untuk memenuhi tugas Arab kita terhadap perjuangan Palestina, jantung bangsa Arab,” katanya.

KTT Liga Arab kali ini dihadiri oleh Presiden Palestina, Presiden Mesir, Tunisia, Irak, Somalia, Mauritania, Djibouti, Komoro, serta Emir Qatar, Putra Mahkota Yordania, Putra Mahkota Kuwait, Wakil Presiden Uni Emirat Arab, Presiden Dewan Kepresidenan Libya.

Selain itu hadir juga Presiden Dewan Pimpinan Presiden Republik Yaman, Ketua Dewan Penguasa Transisi Republik Sudan, Perdana Menteri Lebanon, Wakil Perdana Menteri Hubungan Internasional dan Urusan Kerjasama Kesultanan Oman, Wakil Perdana Menteri Kerajaan Bahrain, Menteri Luar Negeri Saudi dan Menteri Luar Negeri Maroko.

KTT dua hari itu juga dihadiri oleh tamu kehormatan, yaitu Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, Presiden Gerakan Non-Blok, Ilham Aliyev, Presiden Uni Afrika dan Presiden Senegal, Macky Sally. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.