Laporan: Perusahaan Israel Berusaha Pengaruhi Pemilu di Seluruh Dunia

Ilustrasi pemilu AS. (Foto: Istimewa)

Tel Aviv, MINA – Sebuah berusaha mempengaruhi lebih dari 30 pemilihan umum di seluruh dunia untuk klien dengan meretas, menyabotase, dan menyebarkan disinformasi, menurut penyelidikan media rahasia yang diterbitkan Rabu (15/2).

Laporan menyebutkan, semakin banyak bukti bahwa perusahaan swasta di seluruh dunia mendapat untung dari alat peretasan yang invasif dan kekuatan platform media sosial untuk membentuk opini publik. Demikian dikutip dari The New Arab.

Perusahaan itu dijuluki “Tim Jorge”, berdasarkan penyelidikan jurnalis yang menyamar sebagai klien potensial untuk mengumpulkan informasi tentang metode dan kemampuannya.

Laporan itu mengatakan bosnya, Tal Hanan, adalah mantan perwira operasi pasukan khusus Israel berusia 50 tahun yang sesumbar bisa mengendalikan akun Telegram yang dianggap aman, ribuan akun media sosial palsu, dan membentuk berita.

Penyelidikan ini dilakukan oleh konsorsium jurnalis dari 30 outlet, termasuk Le Monde di Prancis, Der Spiegel di Jerman dan El Pais di Spanyol, di bawah arahan organisasi nirlaba yang berbasis di Prancis yang dikenal sebagai Forbidden Stories.

“Metode dan teknik yang dijelaskan oleh Tim Jorge memunculkan tantangan baru untuk platform teknologi besar,” tulis The Guardian.

“Bukti pasar swasta global dalam disinformasi yang ditujukan untuk pemilu juga akan membunyikan lonceng peringatan bagi demokrasi di seluruh dunia,” tambahnya.

Hanan tidak menjawab pertanyaan rinci, hanya mengatakan: “Saya menyangkal melakukan kesalahan.”

Dia mengatakan kepada tiga wartawan yang menyamar bahwa layanannya, yang sering disebut “operasi hitam”, tersedia untuk badan intelijen, kampanye politik, dan perusahaan swasta.

“Kami sekarang terlibat dalam satu pemilihan di Afrika… Kami memiliki tim di Yunani dan tim di [the] Emirates… [Kami telah menyelesaikan] 33 kampanye tingkat presiden, 27 di antaranya berhasil,” The Guardian mengutip ucapannya.

Perusahaan konsultan Inggris Cambridge Analytica, sejak ditutup, diduga digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak yang mengarahkan pemilih ke arah Donald Trump dalam pemilihan presiden AS 2016.

Grup tersebut mengumpulkan dan mengeksploitasi data pribadi 87 juta pengguna Facebook, yang telah diberikan aksesnya oleh platform tersebut, yang mengarah ke denda besar dan tuntutan hukum.

Pada hari Selasa, kepala kelompok tentara bayaran Rusia Wagner, Yevgeny Prigozhin, mengakui telah menciptakan sebuah peternakan troll terkenal yang diduga mengobarkan perselisihan online dan mengganggu pemilihan Barat.

Investigasi yang dipimpin oleh Forbidden Stories pada tahun 2021 mengatakan buatan Israel yang kuat telah dijual oleh perusahaan maya, NSO Group Technologies, kepada pemerintah dan digunakan terhadap setidaknya 50.000 orang di seluruh dunia.

Forbidden Stories adalah platform kolaboratif yang didirikan pada tahun 2017 atas prakarsa pembuat dokumenter Prancis Laurent Richard, dengan dukungan dari Reporters Without Borders, dan menyatukan lebih dari 30 media berbeda dari seluruh dunia. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.