Lembaga Kemanusiaan Indonesia Gelar Kampanye Nasional Bantu Palestina

Foto: Istimewa

Depok, MINA – Lembaga Kemanusian Sahabat Memanggil (SPM) bersama Turki Hayat Yolu menggelar Kampanye Nasional untuk membantu Rakyat Palestina di Jalur , dengan tema “Gaza Berhak Hidup layak” di Balairung Dwidijosewojo, Depok, Rabu malam (31/1).

“Dalam kampanye ini bersamaan Grand Launching 30 ribu paket sembako yang akan dikirim untuk masyarakat Gaza, Palestina,” kata Amrozi M Rais Koordinator Aliansi LSM dan NGO Kemanusiaan Indonesia.

Dia juga melaporkan, kondisi di Gaza saat ini sangat memprihantikan. Hal ini terjadi sejak terjadinya blokade yang telah terjadi selama 11 tahun ditambah dengan adanya tiga agresi militer yang dilakukan otoritas pendudukan ke Jalur Gaza, Palestina.

“Ada sekitar 2 juta jiwa tinggal di jalur Gaza mereka manusia seperti kita semua yang membutuhkan pekerjaan layak, layanan kesehatan,pendidikan dan kemudahan bertransportasi,” ungkap Amrozi.

“Untuk itu kami ingin mengetuk hati ummat Islam sekarang ini Gaza dalam situasi wilayah bencana yang memprihatinkan,” tambahnya.

Lebih lanjut Amrozi memaparkan, bagaimana kondisi terkini masyarakat Gaza. Angka kemiskinan di Gaza telah mencapai 80 persen dan 65 persen diantaranya berada di bawah garis kemiskinan. Sementara angka pengangguran kini mencapai 5 persen separuhnya dari kalangan pemuda dan lulusan universitas.

Karena itu, lanjut pria kelahiran 1970 tersebut, pihaknya mengajak seluruh rakyat dan masyarakat Indonesia untuk mengambil sikap. Pertama, segera bergerak dengan aksi agar blokade Gaza berakhir dan mempersembahkan yang terbaik agar masyarakat Palestina khususnya di Gaza bisa hidup sebagaimana bangsa lainnya.

“Kedua, kami dari lembaga-lembaga kemanusiaan di Indonesia akan memberikan darurat kepada rakyat Gaza berupa 30 ribu paket sembako, atau senilai USD 40/paket,” tutur Amrozi.

Ketiga, masih kata pria asal Banten itu, masa kampanye kemanusiaan ini akan berlangsung selama satu bulan. Pihaknya, lanjut Amrozi, berharap rakyat Indonesia dapat mendukung kampanye ini hingga terciptanya kondisi yang layak bagi masyarakat Gaza.

“Kami siap membantu rakyat Palestina, Kota Al-Quds dan Gaza untuk menjadi pendukung setia bersama mereka. Dan kami ingin katakan kepada mereka “Sabar saudaraku, kami rakyat dan bangsa Indonesia akan selalu bersama kalian hingga terbebasnya tanah Palestina dari penjajahan Zionis Israel,” tambah Amrozi.

Pada kesempatan ini, SPM dan Hayat Holu kembali menggandeng beberapa lembaga di Indonesia seperti JSIT Indonesia, HNI, SCC Indonesia, Zakat Sukses, Sadaqa, TDA Community, Amal Mulia, Harfa dan Masyarakat Peduli Al-Aqsha  serta mengajak duta komunisiaan dari kalangan musisi, yakni Opick Tombo Ati dan Melly Goeslaw.

Pada Desember 2017 lalu turut menyalurkan bantuan bagi warga Palestina yaitu Opick Tombo Ati dan Melly Goeslaw untuk bersama-sama menyalurkan bantuan ke warga Palestina dan berkomitmen untuk terus berkontribusi menyalurkan 30 ribu paket sembako dalam sebuah aliansi yang diberi nama Aliansi LSM dan NGO Kemanusiaan Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Umum Hayat Yolu Ir Ehab Auni El-Essawi mengungkapkan, per paket yang akan dikirim ke Jalur Gaza senilai $40. “Sembako tersebut akan diangkut puluhan truk kontainer dengan pemasangan bendera merah putih di setiap truknya,” ungkap pria asal Yaffa Palestina yang mengungsi ke Gaza itu.(L/R03/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.