LIGA ARAB : NEGARA-NEGARA ARAB HARUS LINDUNGI RAKYAT PALESTINA

Pertemuan Liga Arab di Kairo (Potho: Qudspress)
Pertemuan di Kairo (Potho: Qudspress)

Kairo, 30 Dzulhijjah 1436/13 Oktober 2015 (MINA) – Liga Arab menyerukan negara-negara Arab untuk bersama-sama bertanggung jawab melindungi rakyat menghadapi pelanggaran yang dilakukan  pasukan pendudukan Israel.

“Harus ada yang melindungi rakyat Palestina,” kata Sekertaris Jenderal Liga Arab, Nabil Elarabi. Demikian QudsPress yang diberitakan dan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa.

Dalam pertemuan darurat Dewan Liga Arab pada tingkat perwakilan parlemen pada Selasa (13/10) di kantor pusat liga di Kairo, telah dibahas pelanggaran pendudukan Israel terhadap rakyat Palestina di Al-Quds dan .

Dia menegaskan dalam konferensi pers yang diadakan pada akhir pertemuan darurat, Israel telah melakukan pelanggaran terhadap rakyat Palestina yang tidak bersenjata.

Baca Juga:  PBB: Terjadi 800 Serangan oleh Pemukim Israel di Tepi Barat Sejak 7 Oktober

Phaknya mendesak negara-negara Arab harus berupaya bersama untuk melindungi rakyat Palestina.

Ia melanjutkan, seruannya tersebut merupakan tanggung jawab bersama, sesuai dengan konvesi Jenewa.

“Israel tidak hanya melakukan pelanggaran kepada rakyat Palestina tetapi juga pada  seluruh masyarakat internasional,” tegasnya.

Pihaknya mengatakan Dewan Keamanan harus membuat keputusan mengirim pasukan perdamaian internasional atau jika tidak meminta Majelis Umum PBB untuk mengambil rekomendasi mengenai langkah-langkah yang perlu segera diambil.

“Ada alasan internasional mencari perlindungan PBB untuk Palestina, dan menuntutan Dewan Keamanan menekan Israel agar menghentikan jadikan  Al-Aqsha sebagai sasaran, mengacu pada ajakan Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi, untuk memberikan perlindungan bagi rakyat Palestina,” katanya.

Baca Juga:  PBB: Terjadi 800 Serangan oleh Pemukim Israel di Tepi Barat Sejak 7 Oktober

Liga Arab juga meminta masyarakat internasional untuk mennyatakan pemukim ilegal yahudi ekstremis pada daftar terorisme.

Liga juga mengumumkan Arab Saudi akan memberikan bantuan  60 juta dolar AS untuk mendukung anggaran Otoritas Palestina.(T/P004/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0