Lima Dubes Eropa Tinjau Pendistribusian Bantuan di Palu

Palu, MINA – Lima Duta Besar dari  Eropa, yaitu  Perancis, Italy, Austria, Denmark dan Uni Eropa meninjau pendistribusian bantuan yang berasal dari negara mereka untuk warga masyarakat yang terdampak gempa bumi, likuifasi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Jean Anes, Ditjen Protkons Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengatakan, tujuan kedatangan kelima dubes itu antara lain untuk melihat sejauh mana bantuan yang dikirimkan oleh negara mereka bermanfaat untuk warga masyarakat terdampak bencana alam. Demikian keterangan tertulis VOA News dikutip MINA Sabtu (20/10).

“Mereka merespon kejadian gempa di Palu dan Sulawesi Tengah dimana tentunya Pemerintah Indonesia telah membuka tangan bagi negara-negara sahabat untuk berkontribusi didalam penanganan Gempa di Palu dan Sulawesi. Ada 5 duta besar dan beberapa staf,” kata Jean.

Kelima duta besar itu adalah Dubes Prancis Jean Charles Berthonnet. Dubes Italy Vittorio Sandalli, Dubes Austria Helen Steinhaus, Dubes Denmark Rasmus Abildgaard Kristensen dan Vincent Guerend selaku Duta besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam.

Selain itu, hadir juga dalam rombongan tersebut beberapa pejabat tinggi Austria dan Jerman yaitu Andreas Aubergee dan Peter Schoof D serta Team Leader EU Civil Protection Team, Kolonel Bruno Maestracci.

Selain mereka berupaya mendapatkan informasi tentang kebutuhan lain yang masih dibutuhkan, mereka juga memantau perkembangan dari penanganan bencana yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala.

Saat ini bantuan yang bisa diterima oleh pemerintah Indonesia dari luar negeri adalah tenda, penjernih air bersih, generator pembangkit listrik dan alata transportasi udara.

“Kalau mereka sih menunggu karena memang pada prinsipnya pemerintah kita membatasi konstribusi-konstribusi itu yang tentunya disalurkan melalui kementerian luar negeri, dan tentunya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sudah membuatkan satgas, “jelas Jean.

Bantuan-bantuan dari pihak luar negeri saat ini sangat bermanfaat sekali bagi para warga yang terdampak bencana di Sulteng dan para relawan serta TNI sudah memanfaatkanya untuk kepentingan warga. (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.