LSBPI MUI Umumkan Pemenang Sayembara Skenario Film Pendek Islami

Jakarta, MINA – Lembaga Seni Budaya dan Peradaban Islam (LSBPI) Majelis Ulama Indonesia () mengumumkan pemenang dengan tema “Indahnya Persaudaraan & Kepedulian pada Sesama”.

Sekretaris LSBPI MUI yang juga Ketua panita pelaksana sayembara, Agus Idwar mengatakan, proses lomba sayembara menulis skenario film pendek Islami ada tiga tahap untuk memilih pemenang.

Lomba kali ini diikuti 270 naskah dari kalangan pelajar sebanyak 66 peserta sedangkan kalangan umum 204 peserta. Sementara itu katagori finalis dari kalangan umum berjumlah 23 dan kalangan pelajar terdapat 10 finalis.

“Alhamdulillah Lomba Karya Tulis Film Pendek Islami yang diselenggarakan LSBPI MUI mendapat respons yang luar biasa dari para peserta.Saya berharap kompetisi ini menjadi bagian dari kebangkitan kreativitas dan inovasi masyarakat, khususnya di kalangan pemuda dan remaja,” kata Agus di Aula Buya Hamka Gedung MUI, Jakarta, Senin (5/12).

Ia menyampaikan, terimakasih kepada sejumlah pihak yang telah mensupport antara lain Bank Muamalat serta d’Besto demi terselenggaranya sejumlah kegiatan mulai ada workshop pada 23 Oktober lalu, hingga membantu dalam lomba ini. Ucapan terimakasih juga disampaikan untuk Pesantren Cendekia amanah asuhan KH M Cholil Nafis.

Ketua LSBPI MUI, KH Habiburrahman El-Shirazy mengungkapkan, LSBPI mendapatkan amanah dari Munas pada 2020 untuk mendidik generasi muda agar menghasilkan karya-karya Islami.

“Salah satu amanahnya adalah dengan menggelar sayembara menulis skenario film pendek Islami,” katanya.

Kang Abik mengatakan, selain mengadakan sayembara menulis skenario film pendek Islami, LSBPI juga mengadakan workshopnya terlebih dahulu.

“Dalam workshop tersebut diajarkan bagaimana cara menulis skenario film pendek Islami yang benar dan berkualitas,” imbuhnya.

Kang Abik juga menyampaikan, dengan diadakannya sayembara menulis skenario film pendek ini punya pengaruh besar terhadap peradaban dunia.

“Selain itu sayembara menulis skenario ini juga dapat meningkatkan kualitas literasi anak muda,” lanjutnya.

Kemudian dia berpesan kepada para pemenang bahwasanya jangan berpuas diri dan terus berprestasi. Dan untuk yang belum menang, jangan bersedih hati, dan harus terus bersinergi.

Berikut ini daftar pemenang sayembara menulis skenario film pendek Islami:

Kategori pelajar
• Juara I Grestine Dwivanya dari SMA 1 Cianjur
• Juara II Arinal Hikmah dari Jepara
• Juara III Ahmad Ivan Abid Nugroho dari Jepara.

Kategori umum
Juara I Aida Radar dari Ambon
Juara III Ahmad Ijazi Hasbullah dari Pekanbaru
Juara III Hendra Purnama dari Bandung.

(Siti Nurmah Putriani/Ratna/Nadilah)

(L/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.