MAJELIS DAKWAH: OPTIMALKAN MEDIA ISLAM UNTUK HADANG SEKULER

pelatihan jurnalistik mina jabodetabek
Wilayah Jabodetabek (afta/MINA)

Jakarta, 18 Ramadhan 1436/4 Juli 2015 (MINA) – Pada era seperti saat ini, dakwah bukan hanya dilakukan dengan mengisi ceramah di mimbar-mimbar masjid. Tetapi lebih kepada mengoptimalkan peran media massa sebagai upaya untuk menghadang yang menunjukkan permusuhannya terhadap Islam.

Demikian dikatakan Amir Majlis Dakwah Pusat (MDP) Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Ir.Agus Priono,M.S. saat membuka acara Pelatihan Jurnalistik Islam yang diselenggarakan oleh Kantor Berita Islam Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (4/7) siang.

“Jika kita lihat era globalisasi saat ini, media sekuler dalam pemberitaannya selalu menyudutkan Islam, maka perlu adanya untuk menghadang pemberitaan-pemberitaan media sekuler itu,” kata Agus Priono.

Menurutnya, seluruh umat Islam memiliki visi dan misi yang sama. “Umat Islam sesungguhnya telah mengemban amanat untuk berdakwah kepada kebaikan, menjauhkan kemungkaran,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan, saat ini dakwah bukan saja menyeru manusia. “Lebih dari itu, dengan dakwah ini akan mengangkat sekat-sekat yang membatasi sesama umat Islam. Dengan dakwah, kita bongkar sekat itu. Salah satu caranya adalah dakwah bilkitabah, dengan menulis. Dengan tadrib ini, diharapkan para peserta memahami makna yang terkandung dalam dakwah bilkitabah,” ujarnya.

Sementara itu, Penasihat Panitia, SakuriS.H. mengatakan, tugas seorang jurnalis adalah seperti tugas para nabi, yaitu untuk menyeru manusia kepada kebajikan. “Tugas utama seorang jurnalis adalah memberikan informasi yang benar, baik untuk masyarakat,” katanya.

“Salah satu keuntungan umat Islam saat ini adalah hadirnya Kantor Berita Islam Internasional MINA yang terbit dalam tiga bahasa (Indonesia, Arab, Inggris). Dan ini harus betul-betul kita rawat, kita jaga bersama, untuk kelangsungan dakwah kita,” imbuhnya.

Materi Pelatihan Tingkat Pemula tersebut terdiri dari: Kewajiban Dakwah bil Qalam, Pengantar Jurnalistik, Kodw Etik Jurnlistik Islam, Teknik Dasar Menulis Berita dan Artikel. Para peserta berasal berbagai tempat di wilayah Jabodetabek, seperti jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang dan Banten. Bahkan ada peserta dari luar negeri, yaitu dari Malaysia dan Thailand. (L/P011/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0