MAN IC Jambi Ukir Prestasi Sampai Tingkat Internasional

, 16 Shafar 1438/16 November 2016 (MINA) – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Jambi adalah satu diantara madrasah unggulan  Kementerian Agama RI yang mempunyai segudang prestasi akademik maupun non akademik di tingkat kabupaten/kota sampai internasional.

Keunggulan MAN IC dibanding dengan madrasah atau sekolah lainnya adalah pada penguatan sains dan teknologi, di samping tentu saja moral dan karakter sebagai core utama sekolah umum berciri khas Islam. Demikian Ruchman Basori, Sekjen. Menengah Universal (PMU) MAN IC dalam paparan di hadapan Guru MAN IC Jambi, di Jambi.

Dalam keterangan pers yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu (16/11), dijelaskan profil lulusan MAN IC diharapkan melahirkan saintis yang mempunyai keluhuran budi, karakter, dan akhlakul karimah.

Di samping itu menjadi tempat penggodokan para pemimpin bangsa yang peka terhadap kondisi masyarakat, bukan intelektual dan pemimpin yang berada di menara gading.

Ia menambahkan, MAN IC didesain sebagai lembaga pendidikan berasrama (boarding school) yang mencangkok model pondok pesantren, sehingga pendidikan dan pembelajaran berlangsung 24 jam. “Pendidikan di MAN IC tidak sekedar transfer of knowledge tetapi transfer of value,” ujarnya.

Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam sedang membangun 21 Madrasah Aliyah Insan Cendekia (MAN IC) di 21 Provinsi sejak tahun 2013. Yang sebelumnya telah sukses dan eksis mengembangkan tiga MAN Insan Cendekia adalah MAN IC Serpong, Gorontalo, dan Jambi.

Kisah sukses ketiga MAN IC tersebut dengan banyak prestasi oleh Kemenag didesiminasikan ke dalam 21 MAN IC. Pada Tahun Pelajaran 2015/2016 telah beropersi 6 MAN IC, yaitu MAN IC Aceh Timur Aceh, OKI Sumatera Selatan, Siak Riau, Bangka Tengah Kepulauan Bangka Belitung, Paser Kalimantan Timur, dan Kota Pekalongan Jawa Tengah.

Pada Tahun Pelajaran 2016/2017, ditambah lagi 8 MAN Insan Cendekia yaitu MAN IC Sorong Papua Barat, MAN IC Tanah Laut Kalimantan Selatan, MAN IC Batam Kepulauan Riau, MAN IC Bengkulu Tengah Bengkulu, MAN IC Kota Kendari Sulawesi Tenggara, MAN IC Padang Pariaman Sumatera Barat, MAN IC Kota Palu Sulawesi Tengah, dan MAN IC Sambas Kalimantan Barat.

MAN IC Jambi adalah satu dari 17 MAN IC yang telah eksis. Prestasi demi prestasi baik akademik, seni budaya dan keagamaan telah ditorehkan. Pada dua tahun terakhir misalnya siswa/i meraih medali perunggu pada ajang bergengsi Olimpiade Sains Nasional, Lomba Karya Ilmiyah remaja Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan LIPI dan dikirim ke Amerika, Juara 1 Lomba Syarhil Quran Tingkat Provinsi, Juara 1 Lomba Wide Game, dan Juara 1 Olimpiade Biologi.

Berbagai even lain ditingkat provinsi dan nasional telah diikuti dan mendapatkan prestasi yang menggembirakan, diantaranya MTQ, Musabaqah Fahmil Quran, Lomba Marching Band, Musabaqah Karya Tulis Islamiyah Al-Quran, Pertukaran Pelajar Tingkat Nasional, Kompetisi Akuntansi dan Ekonomi, Kompetisi Sains Madrasah, LKTIN, Lomba Resensi Buku, Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan lalu Lintas, Economic Olimpiade, Olimpiade Matematika, Olimpiade Halal, Festival Robotik Madrasah, sampai pada peserta Terpilih Parlemen Remaja.

Dituturkan oleh Mashuri, Kepala Madrasah MAN IC Jambi, di saat SMA dan SMK di Jambi mengalami penurunan nilai Ujian Nasional karena salah satunya akibat kabut asap, justru MAN Insan Cendekia Jambi mengalami kenaikan.

“Kami bangga dengan prestasi anak-anak walaupun belum mampu mengalahkan kakak kami MAN IC Serpong dan Gorontalo, namun untuk di Provinsi Jambi kami sudah mewarnainya,” kata Mashuri.

Ditanya kiat-kiat apa yang dilakukan dalam memimpin MAN IC Jambi, Masyhuri mengatakan bahwa penataan mental spiritual para siswa menjadi utama. Selain itu budaya mutu harus ditanamkan kepada para siswa dan utamanya para guru.

“Kerja keras dan istiqomah yang disertai dengan kontrol mutu yang kuat penting dilakukan, karena public banyak berharap agar MAN IC terdepan dalam kualitas,” katanya.

Kegiatan diskusi dengan para civitas akademika MAN IC Jambi diikuti oleh 36 guru, dihadiri oleh Ruchman Basori Sekjen PMU MAN IC Kemenag RI, para Wakil Kepala Madrasah, dan segenap pembina asrama. (T/ima/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.