Manfaat Buah Delima, Tiin, Zaitun, dan Kurma Bagi Kesehatan

Beberapa Manfaat Buah Bagi Kesehatan. (Foto: nuurislam.blogspot.com)
Beberapa Manfaat Buah Bagi Kesehatan. (Foto: nuurislam.blogspot.com)

Oleh Annisa Fithri Nurjannah, Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam STAI Al-Fatah, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat

Dari berbagai macam buah ternyata hanya ada beberapa yang disebutkan dalam Al-Qur’an, diantaranya buah Delima, buah Tin, buah Kurma, dan buah Zaitun.

Banyak manusia yang belum mengetahui sebagian buah tersebut tertulis di dalam Al-Qur’an. Tak banyak orang mengonsumsinya, karena jarang ditemui dan terlihat di pasaran. Semua buah yang disebutkan di atas baik bagi kesehatan dan tubuh manusia.

Karena itu Allah menuliskan buah-buah tersebut di dalam Al-Qur’an termasuk menyediakan khasiat dan manfaat yang terkandung didalamnya. Berikut adalah beberapa manfaat dari masing-masing buah tersebut.

Petama, Buah Delima. Delima (punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5-8 meter. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran, tapi telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania. Bangsa Moor memberi nama salah satu kota kuno di Spanyol, Granada berdasarkan nama buah ini. Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara.

Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah sub tropik sampai tropik. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan.

Para peneliti menemukan terdapat adanya bahan-bahan tertentu yang bisa menghambat pergerakan sel kanker dan melemahkan pengaruh protein yang diproduksi oleh tulang sumsum yang beresiko munculnya kanker prostat dan menyebar ke tulang pada jus buah delima.

وَهُوَ ٱلَّذِىٓ أَنشَأَ جَنَّٰتٍ مَّعْرُوشَٰتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَٰتٍ وَٱلنَّخْلَ وَٱلزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُۥ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلرُّمَّانَ مُتَشَٰبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَٰبِهٍ ۚ كُلُوا۟ مِن ثَمَرِهِۦٓ إِذَآ أَثْمَرَ وَءَاتُوا۟ حَقَّهُۥ يَوْمَ حَصَادِهِۦ ۖ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

Artinya: “Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” [Qs. Al-An’aam (6): 141)

Buah Delima mengandung vitamin A,C, dan E, dan asam folik yang sudah terkenal manfaatnya berupa zat tanin yang bermanfaat sebagai pencernaan, zat kalium bermanfaat bagi jantung, dan zat antioksidan bermanfaat bagi sel-sel dalam tubuh.

Adapun manfaat lain dalam buah Delima yaitu, untuk mencegah dan mengobati kanker, menurunkan kolesterol jahat (LDL), menambah kolesterol baik (HDL), meurunkan tekanan darah, kaya akan antioksidan, untuk melindungi otak bayi, memiliki kontrasepsi alami, mencegah kerusakan tulang rawan, sebagai sumber nutrisi, dan untuk melindungi gigi.

Kedua, Buah Tiin. Kebanyakan masyarakat Indonesia mungkin asing dengan buah tersebut. Namun sangatlah sering kita dengar namanya tapi sedikit yang secara langsung melihat sampai memakannya. Walaupun hanya disebut sekali dalam Al-Qur’an, tetapi nyatanya buah ini memiliki berjuta manfaat bagi manusia.

Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman,

وَالتِّين وَالزَّيْتُون

Artinya: “Demi (buah) Tiin dan (buah) Zaitun.” [Qs. At-Tiin (95): 1]

Buah ini memiliki kandungan kalsium, fosfor, besi, dan vitamin A dan B. khasiat buah Tiin ini dapat menyembuhkan, penyakit usus dan lambung, sembelit atau susah buang air besar, mengobati luka dan bisul, memperlancar haid, dan memperlancar ASI.

Ketiga, Buah Zaitun. Buah ini mungkin biasa kita dengar akan tetapi kalau lihat buahnya langsung pasti jarang. Sebagian besar produk minyak zaiyun pasti banyak di pasaran malah banyak orang juga yang mencari minyak itu. Namun tidak hanya diproduksi sebagai minyak namun juga dapat digunakan sebagai ramuan dari berbagai kosmetik dan produk kecantikan.

Dalam ayat Allah yang berbunyi,

يُنْبِتُ لَكُمْ بِهِ الزَّرْعَ وَالزَّيْتُونَ وَالنَّخِيلَ وَالْأَعْنَابَ وَمِنْ كُلِّالثَّمَرَاتِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: “Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” [Qs. An-Nahl (16): 11)

Beberapa manfaat buah zaitun yaitu, mencegah berbagai jenis kanker, mencegah penuan dini, menyehatkan pencernaan, mencegah penyakit jantung, dan mengurangi resiko diabetes, memperbaiki penglihatan, dan mencegah asma.

Selain manfaat-manfaat yang sudah disebutkan itu, minyak zaitun adalah sumber penting bagi gizi manusia. Berbeda dengan mentega padat, minyak zaitun tidak meninggikan tingkat kolesterol di dalam darah, sebaliknya minyak ini tetap mengendalikannya. Karena itu, para dokter sangat menganjurkan pemakaian zaitun dalam hal masak-memasak.

Vitamin E, A, D, dan K dalam darah sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan kadar mineral dalam tubuh anak-anak dan orang dewasa.

Keempat, Buah Kurma. Buah-buahan yang disebut dalam surah Maryam, tumbuh di padang gersang bersuhu panas dan banyak manfaatnya. Allah mengidentifikasikan khasiat penyembuh dari buah ini dengan menceritakan pada Maryam, yang sedang menghadapi persalinan, supaya makan daging buah kurma.

فَنَادَاهَا مِنْ تَحْتِهَا أَلَّا تَحْزَنِي قَدْ جَعَلَ رَبُّكِ تَحْتَكِ سَرِيًّا(24) وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا(25)فَكُلِي وَاشْرَبِي وَقَرِّي عَيْنًا ۖ فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِي إِنِّينَذَرْتُ لِلرَّحْمَٰنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ الْيَوْمَ إِنْسِيًّا(26)

Artinya: “Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu.(24) Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,(25) maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini”.(26)”  [Qs. Maryam (19): 24-26]

Beberapa manfaat buah kurma diantaranya yaitu, sebagai penangkal racun, sumber energi, mencegah kanker usus besar, melancarkan buang air besar, anti infeksi anti inflamasi dan anti, kandungan vitamin A yang bermanfaat kesehatan mata, kesehatan kulit, Kurma merupakan sumber zat besi yang baik, zat besi merupakan komponen hemoglobin didalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen dalam darah.

Sementara Zinc meningkatkan hormone testosterone untuk meningkatkan kebugaran pria, Kalium yang terdapat dalam kurma dapat membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah sehingga memberikan perlindungan terhadap jantung koroner dan stroek. (anj/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)