MAPIM, Negara Kawasan Asia Tenggara Tolak Normalisasi dengan Israel

Kuala Lumpur, MINA – Ormas Islam Malaysia yang tergabung dalam Majelis Perundingan Pertubuhan Islam Malaysia () dan negara di kawasan dalam pernyataan bersama menolak dengan tegas menormalisasi hubungan dengan Israel.

“Kami berdiri teguh bahwa Muslim dan warga di kawasan Asia Tenggara menolak normalisasi dengan Israel. Ini pernyataan tegas kami di kawasan Asia Tenggara untuk menentang penerimaan status Israel atau hubungan diplomatik apa pun secara langsung atau tidak langsung dengannya,” bunyi pernyataan itu, demikian keterangan tertulis diterima MINA, Jumat (25/12).

Pernyataan bersama tersebut, dikeluarkan oleh Presiden MAPIM Mohd Azmi Abdul Hamid, Koordinator Koalisi Warga Asean untuk Palestina Datuk Seri Ahmad Awang, Ketua Aliansi Masjid Dunia dalam Pertahanan Al Aqsa Datuk Wira Abdul Ghani Samsudin, Ketua Sekretariat Majelis Ulama Asia Mohideen Abdul Kader, Direktur Citizens International Syed Sheikh Al Atas.

Dalam pernyataan itu, tertulis, kami mengingatkan para pemimpin negara Islam ASEAN bahwa membiarkan kekuatan asing memanipulasi kawasan itu untuk kepentingan Israel adalah langkah yang berbahaya.

“Kami tegaskan bahwa mewujudkan agenda Israel di negara-negara Islam di kawasan akan mengundang konflik yang dapat berimplikasi besar bagi stabilitas kawasan,” demikian bunyi keterangan tersebut. (R/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hamidah Juariyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.