Masyarakat Siak Salurkan Donasi Rp1,3 Miliar untuk Palestina

Pemda, BAZNAS Kabupaten Siak Salurkan Donasi untuk Palestina Rp1,35 Miliar (foto: Humas BAZNAS RI)

Jakarta, MINA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menerima penyaluran infak kemanusiaan Palestina dari Pemerintah Kabupaten Siak dan , Riau, sebesar Rp1.350.000.000.

Penyerahan bantuan tersebut diselenggarakan di Gedung BAZNAS RI, Jakarta, Ahad (12/11). Turut hadir Pimpinan BAZNAS RI Bidang Koordinasi Nasional KH. Achmad Sudrajat, Bupati Siak Alfedri, serta Ketua BAZNAS Kabupaten Siak Samparis bin Tatan.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Pak Bupati dan juga Ketua BAZNAS Siak yang telah menyalurkan bantuan kemanusiaan melalui BAZNAS. Kita semua berdoa kebaikan kepada siapa saja yang berbuat baik,” kata Achmad Sudrajat dalam sambutannya.

Menurutnya, perjuangan Indonesia memberikan kekuatan spirit moral kepada Palestina menjadi suatu keharusan, karena Palestina melalui Mufti Yerusalem, Syaikh Muhammad Amin Al Husaini yang pertama kali menyatakan dukungan kemerdekaan Indonesia berbarengan dengan Mesir.

Baca Juga:  Komisi V DPRD Prov Lampung Dukung Pembangunan Gedung Rektorat STISA ABM

“Ini merupakan sejarah yang tidak bisa kita pungkiri, karenanya Indonesia wajib terus mendengungkan kemerdekaan Palestina sebagai keseimbangan kita sebagai bangsa yang merdeka,” tegasnya.

Achmad Sudrajat mengatakan, dalam waktu dekat ini, tim advance dari BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) akan dikirim ke Mesir untuk masuk ke Gaza, Palestina.

“Kita sudah berkomunikasi dengan Syaikh Usamah dan Syaikh Ali Jumah yang merupakan penasihat dari Presiden Al Sisi, sebagaimana bantuan kita di tahap pertama berhasil masuk ke Gaza, Palestina,” katanya.

Bupati Siak, Alfedri menegaskan, sudah saatnya bagi umat Islam di Indonesia untuk saling menguatkan sesama di Palestina, apalagi rakyat di Palestina dalam situasi dan kondisi yang sangat memprihatinkan.

Baca Juga:  Sebanyak 20 Bus Salawat Ramah Lansia dan Disabilitas untuk Jamaah Haji Indonesia

“Saya semalam menonton berita, jumlah korban sudah mencapai 11 ribu jiwa. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Rumah sakit pun diserang, ini bukan perang konvensional biasa tapi dari sisi kemanusiaannya patut mendapat perhatian kita semua,” katanya.

“Banyak anak-anak yang menjadi korban yang kadang saya sendiri tidak sanggup untuk melihatnya. Begitulah tentunya yang hari-hari ini dilalui saudara kita sesama Muslim yang ada di Palestina,” tambahnya.

Alfedri menegaskan dukungannya terhadap BAZNAS Kabupaten Siak untuk mengumpulkan dan menyalurkan donasi kepada rakyat Palestina. Dia sangat mengapresiasi BAZNAS Kabupaten Siak yang telah mengumpulkan donasi tahap pertama sebesar Rp1.350.000.000.

“Alhamdulillah, mudah-mudahan di tahap kedua nanti jumlahnya lebih banyak lagi. Mudah-mudahan ikhtiar dari BAZNAS, terutama BAZNAS Pusat mendapat kemudahan sehingga bantuan sampai ke saudara-saudara kita di Palestina,” katanya.

Baca Juga:  Ramah Lansia, Asrama Haji Aceh Siap Sambut Jamaah 2024

Sementara itu, Samparis Bin Tatan selaku Ketua BAZNAS Kabupaten Siak menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap para donatur yang telah menyumbangkan sebagian hartanya untuk bantuan kemanusiaan di Palestina.

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para donatur sehingga terkumpul dana yang besar. InsyaAllah kita akan kembali membuka donasi pada Senin besok sampai akhir November. Mudah-mudahan di akhir November mencapai target minimal yaitu Rp750 juta,” katanya.

Dia mengajak masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Siak untuk tidak ragu membantu rakyat Palestina yang sampai saat ini masih mendapat serangan dari Israel.

“Jangan bimbang dan jangan ragu untuk membantu Palestina, karena tanah ini merupakan tanah yang dimuliakan oleh Allah SWT dan diberkahi sekelilingnya termasuk kita yang membantu perjuangan Palestina,” pungkasnya. (L/RE1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.