Media-Media Arab Puji Indonesia Terkait Keputusan Piala Dunia U-20

Riyadh, MINA – Sebagian besar memuji, dan mendukung sikap penolakan rakyat Indonesia terhadap keikutsertaan zionis Israel di Piala Dunia U-20 yang rencana awalnya akan digelar di Indonesia.

“Hidup itu soal prinsip, penyelenggaraan event olahraga yang di dalamnya ada peserta negara penjajah, tidak memberikan kehormatan apapun untuk Indonesia, dan akan tampak siapa yang mencengkeram FIFA selama ini,” kata Komentator bola asal Aljazair, Hafid Derradji seperti dikutip dari Al Watan, Senin (10/4).

Komentator olahraga asal Oman, Khalil al-Balusyi juga menulis dalam akun twitternya yang mengatakan bahwa sikap  Indonesia, layak diapresiasi.

“Entitas Israel tak ada tempat di antara kita, dan wajib kita singkirkan di setiap tempat dan waktu. Seribu salam hangat untuk Indonesia dan rakyatnya yang tulus. Ini adalah sikap bersejarah,” katanya.

Selain itu, wartawan berkebangsaan Palestina yang berbasis di Qatar, Ibrahim Khadra juga mengatakan rasa terimakasihnya kepada Indonesia.

Menurutnya, hal itu merupakan sikap yang akan selalu dikenang, di mana tidak membuka pintu untuk timnas entitas penjajah dalam Piala Dunia U-20, meski di bawah tekanan FIFA dan pembatalan tuan rumah, bagaimanapun prinsip itu tidak boleh kendor.

Pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah U-20 oleh FIFA juga mendapat sorotan Kapten Timnas Mesir, Muhammad Abu Trika, yang mengatakan, Indonesia, patut diapresiasi atas sikap terhormat dan kuatnya.

“FIFA jika tidak malu, silakan perbuat sesukamu. Entitas Zionis Israel adalah bencana dunia, penjajah wajib diboikot dan disingkarkan bersama-sama. Standar ganda masih menguasasi FIFA, tidak aneh lagi,” ujarnya.

Sementara itu Aliansi Jurnalis Mesir, mengecam keputusan FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Menurutnya hal itu bentuk keberlangsungan standar ganda

Sebelumnya FIFA memutuskan dalam pernyataan pers yang dipublikasikan di situs resminya, untuk menarik FIFA World Youth Championship 2023 dari Indonesia.

Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Hal ini menyusul pertemuan Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, dan FIFA telah memutuskan untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. (T/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.