Mendikbud Resmikan Pusat Belajar di KBRI Kuala Lumpur 

Mendikbud  resmikan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar () di KBRI Kuala Lumpur, Malaysia. (Foto: Kemendikbud)

 

Kuala Lumpur, MINA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, meresmikan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (1/3).

Menurut laman resmi Kemendikbud, PKBM KBRI Kuala Lumpur ini adalah yang pertama kali diresmikan di luar negeri. .

“PKBM ini adalah satu-satunya PKBM di luar negeri dengan layanan kesetaraan dan pendidikan life skill. Berikutnya akan kita kembangkan dan menjadi contoh, untuk kemudian direplikasi,” katanya.

Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Rusdi Kirana,  menyampaikan, masih banyak WNI di Malaysia yang tidak mengenyam pendidikan karena harus mengurus kebutuhan pangan mereka, sehingga tidak memiliki waktu untuk belajar.

“Dua hal yang tidak dimiliki TKI di Malaysia, pendidikan dan paspor, karena itu tahun ini kita berikan paspor dan penjaminan pendidikan untuk mereka,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi Kemendikbud yang telah memberikan suntikan dana untuk layanan pendidikan bagi WNI di Malaysia. Ke depan, Mendikbud dan Dubes berencana untuk mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di negeri jiran tersebut.

Kegiatan PKBM dapat diikuti oleh Warga Negara Indonesia (WNI) di wilayah Kuala Lumpur dan sekitarnya. Namun, bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan layanan ini di wilayah Malaysia lain, PKBM KBRI Kuala Lumpur akan memfasilitasi pembukaan tempat kegiatan belajar yang menginduk ke PKBM KBRI Kuala Lumpur. (R/R10/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.