Menlu RI Angkat Isu Palestina di Hari Kedua Pertemuan-Pertemuan Bilateral di PBB

Menlu RI Retno LP Marsudi dan Presiden Sidang Majelis Umum PBB (foto: dok/Detik)

New York, MINA – Memasuki hari kedua rangkaian kegiatan Sidang Majelis Umum PBB ke-74 pada Selasa (24/9), Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi kembali melakukan tujuh pertemuan bilateral dengan mitranya. Beberapa isu yang diangkat dalam pertemuan itu antara lain, soal Palestina.

“Hari ini saya telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rumania, Aljazair, Solomon Islands, Guatemala, Estonia, Presiden Majelis Umum PBB, Menlu Ceko,” sebut Retno dalam siaran pers yang diterima MINA, Rabu (25/9).

Beberapa isu yang diangkat dalam pertemuan bilateral tersebut antara lain peningkatan hubungan ekonomi, peranan perempuan dalam keamanan dan perdamaian, serta di Dewan Keamanan PBB.

Isu Palestina sendiri dibahas dalam pertemuannya dengan Presiden Majelis Umum, Tijani Muhammad Bande.

“Saya secara khusus juga membahas mengenai perkembangan isu Palestina di PBB, karena isu ini isu prioritas bagi Indonesia,” ujar Menlu Retno.

Sebelumnya, selama menjabat Presidensi Dewan Keamanan PBB pada bulan Mei yang lalu, Indonesia telah menyoroti perluasan pemukiman ilegal di wilayah pendudukan Palestina.

Selain itu, juga menekankan dukungan Indonesia terhadap program dan prioritas Presiden SMU PBB yang baru khususnya dalam memperkuat nilai-nilai multilateralisme yang saat ini sedang menghadapi tantangan besar. (T/Sj/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)