Menteri BUMN Resmikan Lima PLTS di Pulau Messa NTT

Manggarai Barat, MINA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meresmikan lima Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) komunal di Nusa Tenggara Timur. Acara peresmian berlangsung di Pulau Messa, Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Dalam peresmian ini Rini didampingi oleh Plt Direktur Utama PT. PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani, Direktur Regional JBTBN (Jawa Bagian Timur Bali dan Nusa Tenggara) Supangkat Iwan, dan Bupati Manggarai Barat.

Dari lima PLTS yang diresmikan, tiga diantaranya berlokasi di Kabupaten Manggarai Barat yakni Desa Pasir Putih, Desa Seraya Mareannu, dan Desa Batu Tiga. Dua PLTS lainnya terdapat di Desa Nuca Molas, Kabupaten Manggarai, dan Desa Usulanu, Kabupaten Rote Ndao.

Baca Juga:  Jamaah Haji Dilarang Bentangkan Spanduk, Bendera dan Merokok di Tanah Suci

Dengan adanya lima PLTS ini dapat memfasilitasi kebutuhan listrik untuk 1.114 pelanggan baru dan prosentasi Energi Baru dan Terbarukan di NTT menjadi sebesar 13,91 %.

Dalam sambutannya, Rini menyampaikan pentingnya listrik bagi kemajuan kehidupan masyarakat terutama dibidang ekonomi, sosial, pendidikan dan pembangunan daerah.

“Peresmian 5 PLTS ini adalah salah satu wujud nyata BUMN hadir untuk negeri, dimana PLN turut mengambil bagian dalam mendukung peningkatan infrastruktur kelistrikan di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar),” ujar Rini.

Sependapat, Sripeni menyampaikan PLN akan terus berupaya untuk meningkatkan rasio elektrifikasi (RE) terutama daerah-daerah yang sulit dijangkau, salah satunya yakni peningkatan RE NTT. Hal ini dilakukan guna mendorong perekonomian dan kehidupan sosial di wilayah tersebut.

Baca Juga:  Solidaritas Mahasiswa Bekasi Sampaikan Tiga Sikap untuk Palestina

“PLN akan terus membangun dan menghadirkan infrastruktur kelistrikan di pelosok-pelosok negeri,” ungkap Inten.

Dilokasi yang sama Sekretaris Daerah Nusa Tenggara Timur Ben Polo Maing mengungkapkan dukungan penuh dan bantuan dari pemerintah dan masyarakat setempat dalam proses pembangunan PLTS. (L/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Ismet Rauf