Menteri Luar Negeri Baru Yaman : Houthi Terima Proses Damai Dukungan PBB

Riyadh, MINA – Dalam wawancara pertamanya setelah pengangkatannya sebagai yang baru, Khalid Hussein Al-Yamani mengatakan, milisi Houthi telah menerima proposal resolusi politik yang didukung PBB.

Ia mengatakan kepada Al Arabiya pada Jumat (25/5), Houthi berada dalam posisi yang sulit dan telah menderita kerugian besar.

Yamani mengungkapkan, PBB menerima pesan dari Houthi yang menyatakan  mereka siap untuk proses perdamaian, penarikan mereka dari kota-kota yang mereka duduki dan menyerahkan senjata mereka kepada negara.

Pada Kamis (24/5), Presiden Yaman Abd-Rabbo Mansour Hadi mengeluarkan keputusan memberhentikan Abdulmalik Al-Makhlafi dari jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri dan mengangkatnya sebagai Penasihat Presiden Republik.

Dia juga mengeluarkan dekrit yang menunjuk Duta Besar Khaled Hussein Al-Yamani sebagai Menteri Luar Negeri menggantikan Al-Makhlafi.

Yamani lahir pada tahun 1960 dan memegang beberapa posisi di Kementerian Luar Negeri Yaman hingga pengangkatannya pada akhir 2014 sebagai Duta Besar Luar Biasa dan delegasi Yaman untuk PBB di New York. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0