Militan Lokal dan Asing ISIS Tinggalkan Benteng Terakhir di Raqqa

Militan Islamic State () di . (Foto: File)

 

Raqqa, MINA – Beberapa kelompok militan asing Islamic State (ISIS) telah meninggalkan benteng mereka di Raqqa, Suriah utara pada Ahad (15/10), seorang pejabat setempat mengatakan.

Langkah tersebut dilakukan sebagai bagian dari kesepakatan pada Sabtu, yang menandakan penguasaan penuh terhadap kota oleh Pasukan Demokrat Suriah (SDF) akan segera terjadi.

“Sebagian dari orang asing telah pergi,” kata Omar Alloush, seorang anggota senior Dewan Sipil Raqqa (RCC). Demikian The New Arab memberitakan yang dikutip MINA.

RCC adalah sebuah pemerintahan sementara untuk kota Raqqa yang didirikan oleh SDF. Anggota RCC telah bekerja dengan para pemimpin suku sepanjang pekan untuk mencoba mengamankan jalan bagi warga sipil.

Sehari sebelumnya, semua anggota ISIS lokal telah menyerah dan meninggalkan kota Raqqa, benteng terakhir kelompok tersebut, menurut lembaga pemantau Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) yang bermarkas di Inggris.

SOHR mengatakan, sekitar 200 orang meninggalkan Raqqa bersama keluarganya menuju ke tujuan yang tidak diketahui.

Pasukan SDF yang terdiri dari aliansi pasukan Kurdi dan etnis Arab, telah berhasil merebut 90 persen kota Raqqa yang sebelumnya dikuasai oleh ISIS. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.