Dosen Aceh: Mobil Rusak Selamatkan Kami dari Penembakan di Christchurch

Banda , MINA – Dian Fajrina, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala (FKIP ), luput dari tragedi penembakan di Masjid An Noor, Christchurch, New Zealand.

“Dari Senin lalu, kami berencana shalat Jumat di masjid Christchurch,” ujar Dian di Selandia Baru pada Ahad (17/3) saat dihubungi Humas Unsyiah.

Namun, ia mengungkapkan, rencana shalat itu gagal sebab mobil yang biasa mereka tumpangi rusak dan harus masuk bengkel.

Dian bercerita, ia bersama suami beserta empat orang anaknya baru tiba kembali di Christchurch, setelah 11 bulan di Aceh menyelesaikan dua pilot study di Unsyiah dan UIN Ar Raniry.

Jarak rumahnya dengan lokasi kejadian cukup dekat, hanya 3,7 Km.

Ia mengaku, suami dan anak-anaknya kerap shalat di Masjid An Noor, Christchurch. Tetapi, keinginan itu gagal, saat tragedi nahas itu terjadi.

Sebab sejak Rabu (13/3), mobil yang kerap mereka tumpangi rusak karena bocor radiator. Spare part-nya pun harus didatangkan dari Auckland yang berjarak satu jam perjalanan pesawat. Padahal ia berharap mobil dapat kembali baik dan melakukan aktivitas seperti biasanya, termasuk beribadah ke Masjid An Noor.

Bukan hanya itu, anak-anaknya juga tiba-tiba enggan untuk berangkat sekolah pada hari Jumat itu. Terlebih pagi itu hujan.

“Suami saya juga sakit, jadi tinggal di rumah. Tidak bisa ke masjid,” kata Dian.

Hanya Dian yang keluar rumah menuju kampus menggunakan bus. Bahkan menjelang siang, ia sempat berbelanja di supermarket.

“Saya tiba di rumah sudah pukul 1.40 pm, tepat di saat kejadian.”

Berselang menit kemudian, ia baru mendapatkan kabar tentang penembakan teroris di Masjid An Noor, Christchurch. Pesan itu masuk melalui grup whatsapp Persatuan Pelajar Indonesia Canterbury yang mendata nama-nama warga Indonesia dan keadaannya.

Dari grup itu juga ia mengetahui kondisi warga Indonesia yang berada di lokasi kejadian.

“Ada student yang selamat dari pembantaian. Wallahu a’lam bagaimana cara mereka bisa selamat dari berondongan peluru, karena kita yakin, semua peluru sudah ada alamatnya,” ujar Dian

Setelah pembantaian terjadi, sekolah dan kampus dikunci. Para siswa dan mahasiswa dilarang keluar hingga situasi aman. Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ini, mengaku bersyukur sebab di saat kejadian ia dan keluarganya berada di rumah. Ia turut berduka cita banyak jamaah masjid yang menjadi korban.

“Pukul 6 pm baru dikeluarkan pengumuman mereka yang terperangkap di sekolah dan kampus boleh pulang. Dan warga diarahkan tetap di rumah jika tidak ada keperluan.”

Di mata Dian, New Zealand adalah rumah nyaman bagi warga Muslim. Ini terbukti banyak muslim dari berbagai negara yang tinggal di negara ini. Bahkan, menemukan perempuan berjilbab bukan perkara sulit.

“Di tempat saya kuliah ada beberapa orang muslim. Mereka berasal dari Mesir, Arab Saudi, Pakistan, Maladewa, Malaysia, bahkan Fiji,” pungkas Dian yang pernah mengisi kajian Islam di Masjid An Noor.

Saat ini, Dian Fajrina menempuh pendidikan di University of Canterbury, School of Teacher Education.
(L/AP/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)