Muhammadiyah Siap Kirim Relawan Berpengalaman untuk Bantu Palestina

Sektum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti saat Konferensi Pers di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta, Rabu (11/10). (Muhammadiyah.or.id)

Jakarta, MINA – menyatakan kesiapannya sesegera mungkin mengirimkan relawan dan tenaga medis berpengalaman untuk membantu para korban di .

“Secara sumber daya manusia, Muhammadiyah sebenarnya sudah sangat siap dengan tenaga-tenaga kemanusiaan yang terlatih itu dan dengan perlengkapan-perlengkapan pelayanan kesehatan, termasuk rumah sakit lapangan yang sebenarnya kita sudah cukup memiliki dan kemudian sekali lagi ini tinggal faktor koordinasi saja,” kata Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti saat konferensi Pers di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta, Rabu (11/10).

Mu’ti menjelaskan permasalahan yang dihadapi bukanlah dari aspek sumber daya, melainkan teknis pengiriman karena situasi yang masih genting. Apalagi hampir tidak ada perbatasan negara yang membuka akses masuk bagi bantuan kemanusiaan ke jalur Gaza.

“Untuk teknis pengiriman dari Indonesia ke sana harus menunggu perkembangan lebih lanjut karena  situasinya perang, tapi Muhammadiyah sekarang ini relatif memadai dan memiliki jumlah relawan kemanusiaan yang sudah terlatih dan mereka sudah beberapa kesempatan dikirim ke Turki, Rakhine State Rohingnya, dan berbagai negara lain,” jelasnya.

Menurutnya, bantuan kemanusiaan Muhammadiyah terhadap Palestina sendiri juga sudah dilaksanakan cukup lama lewat berbagai program kolaborasi dengan Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Palestina. Baik bantuan kemanusiaan, beasiswa pendidikan tinggi, dan program pemberdayaan.

“Mungkin sumber daya dan sumber dana yang kita punya akan kita alihkan untuk kepentingan yang lebih immediate atau kepentingan relief terutama untuk membantu mereka yang menjadi korban dari perang ini,” ungkapnya.

Mu’ti berpesan kepada kaum muslimin dan bangsa Indonesia, agar ikut memperkuat solidaritas terhadap bangsa yang terjajah selama 75 tahun tersebut.

“Selama ini (dukungan) telah dilakukan oleh bangsa Indonesia mendukung perjuangan bangsa Palestina, namun ini sekarang memang perlu untuk diperkuat lagi,” pesannya.

“Mudah-mudahan kami bisa berbuat yang bermanfaat untuk membantu masyarakat sipil yang menjadi korban dari Perang Israel Palestina ini,” ujar Mu’ti. (R/FA/R7/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.