NORWEGIA DESAK ISRAEL BUKA JALUR PERLINTASAN

Wakil Menteri Luar Negeri Norwegia, Bard Pedersen, mendesak pemerintah Israel untuk membuka perlintasan di Gaza. (Foto: PIC)
Wakil Menteri Luar Negeri , Bard Pedersen, mendesak pemerintah untuk membuka perlintasan di . (Foto: PIC)

Gaza, 15 Jumadil Awwal 1436/6 Maret 2015 (MINA) – Wakil Menteri Luar Negeri Norwegia, Bard Pedersen, mendesak pemerintah Israel untuk membuka perlintasan di Gaza, dan mengijinkan masuknya bahan bangunan dan memperlancar  perdagangan.

Wamenlu Norwegia yang mengadakan kunjungan ke Gaza Kamis,   juga mendesak kepada negara-negara yang telah berkomitmen membantu Gaza di Kairo, untuk segera merealisir komitmen bantuan untuk  rekonstruksi dengan mentransfer dana sesuai komitmennya. The Palestinian Information Center (PIC) dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), melaporkan.

Kunjungan Wamenlu Norwegia Gaza ini mendapat perhatian luas di saat meningkatnya dukungan negara-negara Eropa pada .

Dalam konferensi pers di Gaza, pada Kamis (5/3),  ia memaparkan apa yang diliuhatnya dalam kunjungannya, tentang kondisi memprihatinkan di Gaza.” Ini mengharuskan adanya upaya cepat untuk melakukan rekonstruksi,” tegasnya.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Norwegia dan Mesir telah mengirim surat kepada negara-negara yang berkomitmen melakukan rekonstruksi agar menunaikan komitmennya.

Pedersen menegaskan, Norwegia berkomitmen mendukung Palestina, dan berharap agar dana rekonstruksi segera sampai ke Gaza.

Masyarakat internasional diminta memberikan perhatian terhadap Gaza, dan menegaskan pentingnya membuka perlintasan Gaza guna memudahkan masuknya bahan bangunan untuk rekonstruksi.

(P011/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.