Norwegia Kucurkan Bantuan Senilai $124,5 Juta untuk UNRWA

Yerusalem, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) , Anniken Huitfelt mengumumkan perjanjian multi-tahun senilai NOK 1,1 miliar (sekitar AS$124,55 juta) selama periode empat tahun untuk mendukung Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk di Timur Dekat (UNRWA).

Menurut siaran pers UNRWA yang dikutip Wafa, Selasa (15/2), bantuan tersebut disepakati pada pertemuan Menlu Norwegia dengan Komisaris Jenderal UNRWA Philippe Lazzarini di Oslo 11 Februari 2022.

Bantuan multi-tahun tersebut akan dibagi menjadi dua, NOK 700 juta untuk membantu pengungsi Palestina di bidang pendidikan, perawatan kesehatan, dan layanan sosial, sementara NOK 400 juta akan digunakan untuk memberikan bantuan darurat.

“Saya sangat prihatin dengan situasi keuangan UNRWA. UNRWA memainkan peran kunci dalam memastikan bahwa hak dan kebutuhan dasar pengungsi Palestina terpenuhi. Inilah sebabnya mengapa Norwegia sekarang meningkatkan pendanaannya untuk UNRWA dan akan menyediakan total NOK 1,1 miliar selama empat tahun,” ujar Menlu Norwegia.

Sementara itu, Lazzarini memuji kontribusi bersejarah tersebut dan sangat berterima kasih atas kemitraan erat antara Norwegia dan UNRWA, yang telah berlangsung selama beberapa dekade.

“Dukungan multi-tahun yang baru diumumkan ini, dengan jumlah yang meningkat, mewakili komitmen teguh Norwegia kepada para pengungsi Palestina dan akan mendukung Badan tersebut untuk terus memberikan layanan penting, termasuk pendidikan untuk lebih dari setengah juta anak,” ujarnya. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.