Otoritas Palestina Hentikan Semua Kontak, Koordinasi Keamanan dengan Israel

, MINA – Para pimpinan Otoritas (PA) di Ramallah memutuskan untuk menghentikan semua kontak dan pertemuan dengan pihak serta melanjutkan penghentian koordinasi keamanan.

Keputusan tersebut muncul dalam pernyataan yang dikeluarkan pada akhir pertemuan darurat, Senin (3/7) malam yang diketuai oleh Mahmoud Abbas, di markas kepresidenan Ramallah, untuk membahas agresi Israel yang sedang berlangsung di Jenin dan kamp pengungsi, Wafa melaporkan.

Menurut pernyataan yang dibacakan oleh juru bicara resmi kepresidenan, Nabil Abu Rudeineh, PA menegaskan hak rakyat Palestina untuk mempertahankan diri dari agresi.

Abu Rudeineh mengatakan, mengingat kurangnya komitmen Israel terhadap pemahaman Aqaba dan Sharm el-Sheikh, kepemimpinan menyatakan ini tidak lagi valid dan tidak ada lagi.

Baca Juga:  Tanggapi Serangan ke Rafah, Roket dari Gaza Meluncur ke Israel

PA juga memutuskan untuk segera ke Dewan Keamanan PBB untuk mengimplementasikan Resolusi 2334 dan resolusi tentang perlindungan internasional bagi rakyat Palestina, penghentian tindakan sepihak, sanksi kepada negara pendudukan serta menyerukan kepada Pengadilan Kriminal Internasional untuk mempercepat penyelesaiannya.

Tentara pendudukan Israel melancarkan serangan besar-besaran di Jenin sejak Senin (3/7) pagi, dimulai dengan serangan udara, puluhan kendaraan militer dan beberapa ratus tentara menyerbu kota.

Sembilan warga Palestina meninggal oleh tembakan tentara Israel di Tepi Barat yang diduduki, termasuk delapan di Jenin, menurut Kementerian Kesehatan dan setidaknya 50 warga Palestina lainnya terluka.

Ketegangan memuncak di Tepi Barat yang diduduki dalam beberapa bulan terakhir di tengah serangan berulang Israel ke kota-kota Palestina.

Baca Juga:  Cuaca Panas, Pastikan Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi

Hampir 190 warga Palestina dibunuh oleh pasukan Israel sejak awal tahun ini, menurut Kementerian Kesehatan. Setidaknya 25 orang Israel juga tewas dalam serangan terpisah selama periode yang sama. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.