PARA PEMIMPIN BISNIS MEMBAYAR $4.000 DENGARKAN CELOTEH OBAMA, XI

Wapres Jusuf Kalla di APEC CEO Summit 2015
Wapres Jusuf Kalla di Summit 2015

Manila, 6 Shafar 1437/19 November 2015 (MINA) – Berapa biaya untuk mendengarkan dua orang paling berpengaruh di dunia di satu tempat? Empat ribu dolar atau Rp55 juta.

Pertemuan Puncak CEO Kerjasama Ekonomi Asia-Psifik (APEC) telah menarik lebih dari 1.300 delegasi dari berbagai negara, yang mau membayar mahal hanya untuk mendengarkan para pemimpin pemerintahan dan bisnis, dengan pembicara utama Presiden AS Barack dan Presiden China Xi Jinping.

Uang senilai 4.000 dolar itu untuk membayar kehadiran tunggal selama tiga hari ke konferensi yang diselenggarakan di Hotel Shangri-La di kawasan bisnis Makati, termasuk makan dan camilan serta pernak-pernik pertemuan, kata Migel Estoque, direktur media dan komunikasi KTT, dalam wawancara seusai acara, Rabu.

“Ini satu-satunya acara di dunia, tempat komunitas bisnis berkesempatan berinteraksi dengan para pemimpin APEC,” ujarnya.

Acara dua hari penuh itu dimulai dari pukul sembilan hingga pukul 17.00 waktu setempat, Mi’raj Islamic News Agency (MINA) malaporkan, mengutip Philstar News.

Pada hari terakhir, acara hanya sampai pukul 12:30, tetapi menampilkan empat pemimpin APEC yang menyampaikan pidato utama dan menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta.

Selain Obama dan Xi, tampil dalam acara tersebut PM Rusia Dmitry Medvedev dan Wapres Jusuf Kalla. Juga tampil para pemimpin bisnis seperti pendiri Alibaba dan taipan China, Jack Ma, presiden dan CEO Blackberry, John Chen, dan pimpinan Ayala Corp. Jaime Augustino Zobel de Alaya.

Makati Shangri-La dipilih sebagai tempat berdasarkan pada “kapasitas ruang dan fungsi lainnya,” kata Estoque. Dikatakannya, acara tidak membutuhkan publisitas.

“Kami benar-benar tidak perlu melakukan banyak publikasi karena program itu sendiri mengandung banyak prestise untuk menarik kerumunan tanpa harus beriklan,” katanya.

Acara itu begitu bergengsi bahkan wartawan dilarang memasuki ruang paripurna di mana sesi diadakan. Sebaliknya, penyelenggara menyiapkan ruang media di lantai bawah ballroom, lengkap dengan layar LCD untuk memantau langsung jalannya pertemuan. (T/R07/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0