PBB: Jumlah Pengungsi di Gaza Meningkat Jadi 338.000 Orang

Warga Gaza mencari perlindungan ditengah gempuran bom Pasukan Pendudukan Israel di Gaza. (Foto: Ma'an News)

New York, MINA – Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mengumumkan, jumlah pengungsi di seluruh Gaza kini telah melebihi 338.000 orang.

Dalam akunnya di situs “ X ”, Koordinator PBB Martin Griffiths menunjukkan memburuknya situasi kemanusiaan di wilayah pendudukan Palestina, seperti dikutip Ma’an News, Kamis (12/10).

Sejak Selasa, lebih dari seribu unit rumah hancur di Gaza, sementara sekitar 560 unit lainnya rusak parah dan tidak dapat dihuni, sementara 12.630 unit rumah mengalami kerusakan lebih ringan .

Sementara, Juru Bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan bahwa 13 rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya di Gaza hanya berfungsi sebagian karena kurangnya pasokan dan kehabisan bahan bakar.

Baca Juga:  Tank-tank Israel Kepung RS Al-Awda di Gaza Utara

Ia menyebut, rumah sakit Beit Hanoun juga tidak dapat dijangkau karena kerusakan di daerah sekitarnya .

Dujarric memperingatkan bahwa terjadi kekurangan air minum yang parah yang berdampak pada 650.000 orang, dengan terhentinya pasokan air dari Israel ke Gaza.

“Serangan udara pasukan Israel merusak 7 fasilitas yang menyediakan layanan air dan sanitasi bagi lebih dari satu juta orang. Di beberapa daerah, limbah basah dan limbah padat kini menumpuk di jalan-jalan, menimbulkan risiko kesehatan yang parah dan jelas,” tambahnya.(T/R5/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf