Pelatihan Dai Entrepreneur di KBRI Khartoum

(Foto: Istimewa)

Khartoum, MINA – KBRI Khartoum telah menggelar Pelatihan Dai Entrepreneur di Hotel Kanon Khartoum, Jumat (22/3). Pelatihan yang diikuti 100 mahasiswa Indonesia di Khartoum itu mengambil tema “Aku Mahasiswa  Indonesia Bermindset Entrepreneur, Berahlaq Mulia dan Berintegritas”.

Para peserta Pelatihan tersebut sebelumnya diwajibkan membuat makalah yang merupakan persyaratan untuk lolos seleksi mengikuti Pelatihan.

“Pelatihan ini bukan hanya bentuk upaya dan kepedulian KBRI Khartoum dalam membina dan bersinergi dengan WNI di Sudan, dalam hal ini mahasiswa di Sudan, tetapi juga merupakan upaya untuk memberikan bekal kemandirian pribadi yang tidak diperoleh di bangku kuliah mereka,” jelas Dubes RI Khartoum Rossalis R. Adenan.

Rossalis  mengharapkan, para peserta pelatihan tersebut setelah menyelesaikan studinya, akan dapat berkontribusi positif bagi pembangunan bangsa Indonesia.

“Antara lain dengan menjadi entrepreneur yang ikut menciptakan lapangan kerja dalam menyejahterakan masyarakat Indonesia di tengah kompetisi dunia yang semakin ketat,” ujarnya.

Dalam Pelatihan tersebut, para peserta mendapat pencerahan dari seorang motivator kondang Indonesia Legisan Samtafsir. Dia memberikan sejumlah materi terkait dengan cara-cara membentuk mindset seorang enterpreneur dengan terus meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan YME dan menanamkan integritas pribadi di kalangan peserta.

Acara tersebut merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan di Sudan sehingga mendapat sambutan yang sangat antusias dan positif dari para peserta.

“Bekal dan motivasi yang diberikan padat, bermakna serta menggugah semangat dan misi mahasiswa Indonesia di Sudan untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara,” ujar salah satu peserta Pelatihan.

Para peserta juga berharap agar nantinya kegiatan serupa dapat diselenggarakan kembali mengingat manfaat positif yang diperoleh oleh para peserta dan masih banyaknya mahasiswa Indonesia di Sudan yang belum berkesempatan untuk mengikuti.(L/K02/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)