PEMBERONTAK YAMAN SIAP DIALOG JIKA SERANGAN UDARA BERHENTI

Pejuang Houthi ekspresikan kemenangan. (Foto: Reuters)
Pejuang ekspresikan kemenangan. (Foto: Reuters)

Sana’a, 17 Jumadil Akhir 1436/6 April 2015 (MINA) – Anggota senior Houthi , Saleh Al-Sammad mengatakan, pihaknya terbuka untuk dialog jika koalisi militer pimpinan Arab Saudi menghentikan serangan udara terhadap kelompoknya.

Sammad yang merupakan penasihat Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi mengatakan, jika tawaran untuk pembicaraan damai diterima, negosiasi akan dimediasi oleh pihak non-koalisi negara Arab.

Dalam email-nya ke kantor berita Reuters, Sammad menambahkan, ia ingin sesi dialog ditayangkan kepada rakyat Yaman, sehingga mereka bisa tahu siapa yang jadi penghalang, Al Jazeera yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Al-Sammad juga mengatakan, rakyat Yaman menolak kembalinya Hadi yang telah melarikan diri ke Arab Saudi setelah pasukan pemberontak Houthi, mendekati basis selatan di Aden bulan lalu.

Pesawat-pesawat tempur dan kapal laut koalisi pimpinan Arab Saudi telah mengebom pasukan Houthi selama 11 hari dalam upaya mengembalikan kekuasaan Presiden Hadi.

Tawaran dialog itu muncul saat pasukan Houthi yang didukung sekutu militer telah menguasai Aden, meskipun serangan udara terus terjadi. (T/P001/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0