Pemerintah Kurdi Irak Apresiasi Respons Cepat Turki Bantu Korban Gempa

Foto: World Bulletin

, MINA – Pemerintah Daerah Kurdi (KRG) pada Senin (13/11) mengucapkan terima kasih kepada atas tanggapannya yang cepat untuk membantu korban gempa di utara Irak.

“Terima kasih teristimewa kepada Turki, (Badan Penanggulangan Bencana Turki) dan Bulan Sabit Merah atas respons dan dukungan cepat mereka,” ujar juru bicara KRG, Safeen Dizayee, dalam sebuah pernyataan di Twitter.

Turki bergegas membantu korban gempa berkekuatan 7,3 SR yang mengguncang daerah perbatasan antara Irak dan Iran pada Ahad (12/11).

Menurut akun Twitter AFAD, 5.000 tenda, 7.000 selimut, 92 personil, dan 11 kendaraan dikirim ke Irak Utara segera setelah terjadi gempa, World Bulletin melaporkan.

Gempa tersebut telah menewaskan sedikitnya 430 orang, sebagian besar korban adalah warga Iran, dan melukai sedikitnya 7.156 orang.

Sementara itu, Muhammad Hassan, Gubernur Darbandikhan, distrik paling berpengaruh di Provinsi Sulaymaniyah, Irak, memuji karena membantu korban gempa.

Hassan mengatakan Bendungan Darbandikhan terkena dampak gempa sangat serius.

“Dua tim ahli dikirim ke bendungan dari Erbil dan Baghdad untuk menangani kerusakan bendungan tersebut,” kata Hassan.

“Kerusakan bendungan tersebut membawa risiko besar ke wilayah kami dan kawasan ini, inilah mengapa kami harus segera menyelesaikan masalah ini,” ia menambahkan.

Seperti dilansir Al Jazeera, gempa berkekuatan 7,3 SR melanda wilayah perbatasan antara Irak dan Iran, menurut media pemerintah.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan gempa dahsyat pada Ahad (12/11) itu melanda dekat Halabjah, tenggara Sulaymaniyah, sebuah kota di wilayah semiotonomi Kurdi di Irak utara. (T/R11/RS3)

Miraj News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.