Pentagon: USS Boxer Tembak Jatuh Drone Iran di Dekat Hormuz

Kapal USS Boxer. (U.S. Navy photo by Mass Communication Specialist 3rd Class Alexander C. Kubitza)

Washington, MINA – Kapal serang amfibi Angkatan Laut AS, , telah menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak (drone) Iran di dekat Selat Hormuz, klaim Departemen Pertahanan dan Presiden AS Donald Trump, Kamis (18/7).

“Sekitar pukul 10 pagi waktu setempat, kapal amfibi USS Boxer berada di perairan internasional melakukan transit inbound yang direncanakan ke Selat Hormuz,” kata  Kepala Juru Bicara Jonathan Hoffman dalam pernyataan 18 Juli.

Hoffman mengatakan, sistem udara tak berawak sayap tetap (UAS) milik Iran mendekati USS Boxer dalam jarak yang mengancam.

“Kapal mengambil tindakan defensif terhadap UAS untuk memastikan keamanan kapal dan awaknya,” katanya.

Juru Bicara Pentagon CDR Rebecca Rebarich mengatakan kepada The Defense Post, AS menilai bahwa pesawat itu adalah milik Iran.

Selat Hormuz yang membentang antara Teluk Persia dan Teluk Oman adalah rute pengiriman utama untuk perdagangan internasional terutama minyak dan gas .

Berbicara di Gedung Putih sebelumnya pada hari yang sama, Trump mengatakan, Boxer telah menjatuhkan pesawat tak berawak Iran “yang mendekati jarak yang sangat, sangat dekat, sekitar 1.000 yard, mengabaikan beberapa seruan untuk mundur, dan mengancam keselamatan kapal dan kru kapal.”

“Drone itu segera dihancurkan,” katanya. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.