Perang Ukraina: Jurnalis Prancis Gugur di Pusat Pertempuran Bahmut

Jurnalis Agence France-Presse (AFP) asal Prancis, Arman Soldin yang gugur saat meliput di zona perang di timur Ukraina. (Photo: Palinfo).

Bahmut, MINA – Seorang jurnalis Agence France-Presse (AFP) asal Prancis, , gugur saat meliput di zona perang bagian timur Ukraina.

Soldin dan tim jurnalis lainnya diserang saat sedang bersama sekelompok tentara Ukraina. Ia gugur setelah terkena tembakan roket di dekat Chasiv Yar, tepat di sebelah barat Bahmut pada Selasa (9/5), demikian Palinfo melaporkan.

Presiden Prancis Emmanuel Macron memberikan penghormatan atas pengabdian Soldin yang selalu berada di garis depan perang.

“Kami berbagi rasa sakit dengan orang yang dicintainya dan rekan-rekannya,” ujarnya.

Pimpinan AFP, Fabrice Fries, mengatakan kantor berita itu sangat berduka atas kepergian Soldin.

Menurutnya, peristiwa gugurnya Soldin bagaikan pengingat mengerikan akan risiko dan bahaya yang dihadapi wartawan setiap hari dalam meliput konflik di Ukraina.

Baca Juga:  Muhammad Ibrahim: Serangan Israel ke Rafah Potensi Timbulkan Perang dengan Mesir

Beberapa pejabat Prancis dan Ukraina diantaranya Direktur agensi Eropa, Christine Buhagiar, anggota parlemen di seluruh spektrum politik berdiri di Majelis Nasional Prancis, Kementerian Pertahanan Ukraina, dan Gedung Putih, menyampaikan belasungkawa atas kepergian Soldin serta memberikan penghormatan atas jasa dan pengabdiannya.

Christine mengenang Soldin sebagai orang yang antusias, energik, dan berani.

Menurut Komite Perlindungan Jurnalis, gugurnya Soldin merupakan peristiwa kematian jurnalis ke-15 yang gugur saat meliput perang di Ukraina sejak Februari 2022.

Sebelumnya, dua jurnalis Prancis lainnya gugur saat meliput konflik, yakni Pierre Zakrzewski dan Frederic Leclerc-Imhoff.

Bahmut sendiri merupakan daerah yang beberapa bulan terakhir menjadi pusat pertempuran -Rusia. (T/cha/P1)

Baca Juga:  Menlu Iran-Mesir Bertemu di Gambia Bahas Gaza

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.