Pertama Kali, Warga Palestina Shalat Jumat di Gerbang Al-Rahma Al-Aqsa

Al-Quds, MINA – Untuk pertama kalinya dalam 16 tahun, warga Palestina melaksanakan shalat Jumat (22/2) di area dekat , yang terletak di dalam kompleks di Al-Quds (Yerusalem Timur).

Ini adalah lorong gerbang dan tangga menuju ke aula yang telah ditutup oleh otoritas Israel selama bertahun-tahun dan dibuka kembali pada Jumat oleh para pejabat Muslim. Aula ini terletak tidak jauh dari Masjid Al-Aqsa itu sendiri.

Otoritas Israel menutup daerah itu pada tahun 2003. Pada tahun 2017, sebuah pengadilan Israel menegakkan perintah penutupan, demikian Al Jazeera melaporkan yang dikutip MINA.

Tetapi Jumat ini, Otoritas Wakaf Beragama, sebuah badan yang dikelola Yordania diamanatkan untuk mengawasi situs-situs suci Muslim dan Kristen Yerusalem Timur, mengumumkan pembukaan kembali masjid suci ketiga dalam Islam itu setelah 16 tahun disegel.

Direktur Otoritas Wakaf Beragama Sheikh Abdul Azim Salhab membuka pintu aula, dan jamaah melakukan shalat Jumat di sana.

Pada hari Senin (18/2) sebelumnya, pihak berwenang Israel menutup gerbang Al-Rahma, mencegah ratusan jamaah Palestina memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa.

Sebelumnya pada hari Jumat, polisi Israel menangkap 60 orang sebelum shalat Jumat di kompleks. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.