PJMI Luncurkan Program Program Pelatihan Jurnalistik ‘Sejuta Jurnalis Masjid’

(Foto: PJMI)

Jakarta, MINA – Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia () meluncurkan program unggulan berbasis bertajuk “Sejuta Jurnalis Masjid” di Masjid Umar Bin Khattab, Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (25/2).

Ketua Umum PJMI Ismail Lutan menjelaskan, program ini dilaksanakan dalam bentuk memberikan pelatihan jurnalistik dasar kepada remaja masjid, pengurus atau takmir dan komunitas masjid lainnya.

“Pematerinya berasal dari wartawan yang tergabung dalam PJMI,” kata Ismail dalam keterangan tertulisnya.

Acara pelatihan jurnalistik tersebut diawali pembukaan Ketua Umum PJMI Ismail Lutan, sambutan Ketua DKM Masjid Umar Bin Khattab Sudrajat dan Sekretaris Gerakan Subuh Berjamaah Kecamatan Jatinegara Ustaz Sulaiman Muhammad. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Penasehat PJMI Fikri Thalib.

Dalam sambutannya Ismail Lutan mengatakan, program “Sejuta Jurnalis Masjid” merupakan salah satu program unggulan yang tengah digarap PJMI.

“Program ini diluncurkan guna memberi wawasan jurnalistik kepada komunitas masjid. Terutama sekali dalam memanfaatkan media sosial. Sehingga mereka mampu membuat berita atau konten yang benar dan menarik,” tutur Ismail.

Antusias

Pada program ini,untuk satu angkatan, peserta dibatasi maksimal 30 orang. Tujuannya agar pelatihan berjalan efektif. Komunitas Masjid Umar Bin Khattab yang mengambil bagian dalam program pertama ini terdiri dari santri, remaja masjid dan kaum ibu. Hal yang menarik, pelatihan jurnalistik ini diikuti pula kaum disabilitas.

“Bahkan salah seorang narasumbernya, yaitu Toto Sugihatno, adalah penyandang tuna netra. Pak Toto membawakan materi tentang radio streaming. Dia adalah ketua komunitas radio streaming dan pengelola Radio Umar yang bermaskas di masjid ini,” ujar Ismail.

Pemateri lain, Wakil Ketua Umum PJMI MY Gunawan membawakan materi orientasi pelatihan jurnalistik. Sementara Ismail Lutan juga menyampaikan materi Pengantar Jurnalistik, Sekjen PJMI  Suratman menyam[aikan Teknik Menulis Rilis Berita, dan Koordinator Pelatihan Jurnalistik ‘Sejuta Jurnalis Masjid’ Setyohadi menyampaikan materi teknik video dan fotografi.

Ikut juga memberi wawasan dan semangat wartawan senior PJMI Turyadi dan Saifudin Zuhri.

Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir karena materi yang dibuatkan sangat disukai, terutama mengenai video dan fotografi.

Penanggungjawab program “Sejuta Jurnalis Masjid” Setyohadi mengatakan, inti dari pelatihan ini adalah video jurnalis dan fotografi. Karena ke depan karya jurnalistik akan lebih didominasi oleh video dan foto yang bisa bercerita.

“Materi ini sangat disukai remaja. Karena mereka sudah akrab dengan gadget namun belum bisa membuat konten yang bagus. Belum paham teknik fotografi yang baik,” tuturnya.

Berdatangan

Setelah peluncuran di Masjid Umar bin Khattab, program ini akan diteruskan ke masjid-masjid lain.

“Sudah banyak DKM yang meminta agar program ini dilaksanakan di tempat mereka. Diantaranya, seperti yang diminta langsung oleh Sekretaris Gerakan Subuh Berjamaah Jatinegara Ustaz Sulaiman,” kata Ismail.

Sebelumnya penanggungjawab program sudah mengagendakan kegiatan ini di Masjid Darul Ittihad Bekasi, Masjid At-Taqwa Ujung Harapan Bekasi, Islamic Center Bekasi, Masjid Safiah Nur Ramadhan Tangerang Selatan, dan lainnya.

“Program ini akan terus bergulir sepanjang tahun, bukan saja di Jabodetabek tetapi juga di daerah lainnya,” pungkas Ismail.(R/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.