PM Irak Umumkan “Kemenangan” Lawan ISIS di Mosul

tiba di kota Mosul, Irak sebagai tanda kemenangan pasukan Irak atas . (Foto: Kantor Perdana Menteri Irak)

Baghdad, 16 Syawwal 1438/10 Juli 2017 (MINA) – Perdana Menteri Irak Haider Al-Abadi telah mengumumkan “kemenangan” atas ISIS di kota Mosul.

“Panglima angkatan bersenjata Haider Al-Abadi tiba di kota Mosul yang dibebaskan dan memberi selamat kepada pejuang heroik dan rakyat Irak atas kemenangan besar tersebut,” kata sebuah pernyataan dari kantor Perdana Menteri pada hari Ahad (9/7).

Foto-foto yang dikeluarkan oleh kantornya menunjukkan Perdana Menteri memakai seragam militer hitam dan bertopi, berjabat tangan dengan polisi dan perwira militer saat dia tiba di kota Mosul.

Pengumuman kemenangan tersebut muncul setelah TV pemerintah melaporkan bahwa pasukan telah mencapai tepi sungai Tigris dan menaikkan bendera Irak di sana. Demikian Al Jazeera memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Operasi tersebut didukung oleh koalisi pimpinan Amerika Serikat yang memerangi ISIS di Suriah dan Irak. Koalisi mendukung dengan melancarkan gelombang serangan udara terhadap ISIS dan menempatkan penasihat militernya di lapangan.

Presiden Perancis Emmanuel Macron adalah salah satu pemimpin dunia pertama yang memberikan ucapan selamat atas kemenangan pasukan Irak di Mosul. Perancis merupakan bagian penting dari koalisi tersebut.

“Mosul dibebaskan dari Daesh (ISIS),” tulis Macron di Twitter. (T/RI-1/B05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.