Politeknik se-Indonesia Terima Mahasiswa Baru

Depok, MINA – Sebanyak 42 Negeri resmi membuka jalur penerimaan perguruan tinggi, Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) tahun 2020.

“Pendaftaran dibuka mulai hari ini hingga 6 Maret 2020 mendatang dan hanya diperuntukkan bagi siswa yang lulus tahun ini. Terdapat ratusan program studi yang tersebar pada 42 politeknik negeri di Indonesia yang dapat dipilih oleh siswa melalui seleksi ini,” kata Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Se-Indonesia Dr. Zainal Arief saat Konferensi pers yang diadakan di Politeknik Negeri Jakarta, Depok, Senin pagi (6/1).

Ia menjelaskan, jalur seleksi ini merupakan salah satu jalur yang dari tahun ke tahun makin meningkat pesertanya dan diminati oleh siswa SMA, SMK dan MA baik negeri maupun swasta.

“Meski awalnya jalur ini dikenal dengan sebutan PMDK-PN (sejak 2014 lalu, red), tahun ini Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI) mengganti istilahnya menjadi SNMPN. Pertahun ini istilah PMDK-PN dirubah menjadi SNMPN. Namun mekanisme dan proses seleksi tetap sama seperti PMDK-PN. Pendaftarannya juga on-line,” jelasnya.

Jalur SNMPN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

“Selain prestasi akademik, prestasi lainnya yang non-akademik juga turut menjadi bahan pertimbangan lolos tidaknya siswa tersebut,” ujarnya.

Pendaftaran calon peserta/ siswa melalui jalur SNMPN ini tidak dikenakan biaya sepeser pun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Jalur SNMPN ini juga mengakomodir calon peserta/ siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi.

Sekolah cukup mendaftarkan diri melalui laman https://snmpn.politeknik.or.id menggunakan username dan password yang diberikan panitia kepada masing-masing sekolah. Berikutnya, sekolah merekomendasi dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya. Siswa tersebut akan diberikan usemame dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara on-line.

“Kesempatan melanjutkan pendidikan tinggi telah terbuka lebar. Dan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Jangan hanya mengandalkan jalur seleksi PTN Akademisi saja, jalur seleksi PTN Vokasi seperti SNMPN juga dapat dipertimbangkan. Ke depan, selepas seleksi ini, Politeknik se-Indonesia masih membuka jalur penerimaan mahasiswa melalui ujian tulis yaitu Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020,” paparnya. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Source:Politeknik, SMPN