Pramuka Jatisampurna Adakan Sahur On the Road di Cibubur

Cibubur, MINA – se-Kecamatan Jati Sampurna, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (26/5) mulai mengadakan ‘ perdana dari Cibubur, menuju Plaza Cibubur sampai ke Cibubur Junction.

Sahur on the road yaitu kita memberikan makanan sahur kepada orang-orang yang di pinggiran jalan, tunawisma, baik itu pemulung, pengemis dan sebagainya. Tujuannya supaya kita bisa berbagi dengan mengeluarkan rezeki yang kita miliki sepada sesama, karena dalam Islam juga mengajarkan bahwa setiap harta yang Allah beri kepada kita ada harta mereka,” kata Agam Alfarizi sebagai Ketua DKR (Dewan Kerja Kwartir Ranting) Jatisampurna kepada wartawan MINA di Aula SMA IT Insan Mandiri, Cibubur.

Sahur on the road adalah rangkaian dari kegiatan Scout Ramadhan Jatisampurna yang terdiri atas Pramuka Penegak, Pendega Jatisampurna yang diselenggarakan oleh DKR Jatisampurna dan SMAIT Insan Mandiri yang belangsung pada Sabtu-Ahad (26-27 Mei 2018) di Aula Insan Mandiri, Cibubur, Bekasi.

Jumlah sekolah di Kecamatan Jatisampurna, Bekasi, yang ada pramukanya ada delapan sekolah. Masing-masing  memberangkatkan 10 siswa dan siswi untuk mengikuti acara Scout Ramadhan Jatisampurna. Dari 10 siswa diambil 2 siswa untuk mengikuti Sahur on the road, sedangkan pembagian jam 02.00 sampai jam 03.30 dini hari dengan jumlah 50 boks makan sahur.

Adapun rangkaian kegiatan Scout Ramadhan Jatisampurna dimulai pada Sabtu (26/5) dari jam 15.30 sore sampai Ahad (27/5) jam 12.00 siang, dengan berbagai kegiatan dari buka bersama, seramah, shalat berjamaah, tarawih, tadarus, sahur on the road, sahur bersama, shalat subuh berjamaah, shalat duha, seminar dan penutup.

“Dari pramuka yang saya ambil satu hal, dan itu saat ini dijadikan iklan ditergen, bahwa kotor itu baik. Anak-anak sekarang gampang sakit karena berkembangnya sedikit-sedikit antibiotik, dikit-dikit anti biotik. Sementara kemampuan literasi makhluk kepada udara ini yang membuat kita menjadi tangguh, sedangkan anak zaman sekarang takut bahkan dilarang untuk berkotor-kotoran,” kata Kepala Sekolah SMA IT Insan Mandiri Mohamad Ali Ridho.

Hayo, kita harus berani masuk ke tempat-tempat yang menurut orang, kotor. Padahal di dalamnya itu yang membuat ketahan tubuh kita. Kalau kita punya daya tahan tubuh yang kuat, insyaallah kita akan punya daya tahan hati yang kuat. Saya berharap dari kegiatan-kegiatan kecil ini akan berpengaruh besar kepada kesadaran siswa,” tambahnya.

Kegiatan Pramuka Jatisampurna pada Ramadhan-Ramadhan sebelumnya yaitu membagikan takjil di jalanan serta mengadakan buka bersama dengan anak miskin dan yatim piatu.

“Kegiatan pramuka di bulan Ramdhan sangat jarang sekali, makanya kami menyelenggarakan kegiatan ini agar anak pramuka juga bisa aktif di bulan suci ini, biasanya kan pramuka lebih mengedepankan melatih fisik saja, sekarang kita ingin memberikan pelatihan melalui materi religius. Agar siswa tidak sekedar pintar secara teknis, tapi juga pintar secara agama, konsep dan ide,” kata Manarul Ihsan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA IT Insan Mandiri. (L/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Admin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0