PRESIDEN JOKOWI PIMPIN UPACARA APEL KEHORMATAN DAN RENUNGAN DI TAMAN MAKAM PAHLAWAN

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. (Foto: Rana/MINA)
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. (Foto: Rana/MINA)

Jakarta, 2 Dzulqa’dah 1436/17 Agustus 2015 (MINA) – Presiden RI Joko Widodo () menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 yang diselenggarakan di (TMP) Kalibata, Jakarta, Senin (17/8) dini hari, tepat pukul 00.00 WIB.

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhaan, keikhlasan, kesucian dan pengorbanan para dalam mengabdi dan berjuang demi nusa dan bangsa,” kata Jokowi saat membacakan naskah apel. Sebagaimana siaran pers resmi yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Jokowi mengatakan, saat ini ada 9.658 Pahlawan yang dikebumikan di TMP Kalibata. “TNI/POLRI 8.767 pahlawan, Badan Perjuangan 809 pahlawan, Tokoh Nasional 39 pahlawan, dan (orang yang) tidak dikenal berjumlah 43 pahlawan,” kata Jokowi.

Ia juga berterima kasih kepada para pahlawan, baik yang dikenal ataupun tidak, di kota, desa, gunung, ngarai dan lautan. “Kami bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan para pahlawan, adalah perjuangan kami juga. Jalan kebaktian yang ditempuh, adalah jalan kami pula. Doa kami, semoga arwah para pahlawan, diterima Tuhan Yang Maha Esa, di tempat sebaik-baiknya,” ujar Jokowi.

Selain dihadiri Presiden dan Ibu Negara, hadir pula dan istri, beserta jajaran menteri Kabinet Kerja lainnya, serta pimpinan lembaga tinggi negara dan lainnya. (T/P010/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0