Presiden Jokowi Resmikan Bandara Mentawai Sumbar

Presiden Joko Widodo. (foto: BPMI Setpres/ Rusman)

, MINA – () meresmikan , di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada Rabu (25/10).

Jokowi mengatakan ini merupakan salah satu bandara terluar di Indonesia yang memiliki panjang landasan pacu mencapai 1.500 meter, dengan lebar 30 meter. Sehingga pesawat berjenis ATR sudah bisa mendarat di bandara itu.

“Bandara ini yang baru ini memiliki panjang runway 1.500 x 30 m”eter, sehingga dapat dilandasi pesawat yang lebih besar yaitu ATR 72-600 berkapasitas maksimal 78 orang,” katanya.

Presiden mengatakan bandara tersebut akan menggantikan bandara lama yaitu Bandara Rokot Sipora yang hanya memiliki panjang runway 850 x 23 meter dan hanya bisa didarati Cessna Grand Caravan dengan kapasitas 12 orang.

Ia menyebut dengan adanya bandara baru itu diharapkan jumlah kunjungan turis ke Mentawai bisa meningkat terutama pecinta olahraga selancar () dan meningkatkan peluang pengembangan daerah.

“Saya harap dengan beroperasinya bandara ini mobilitas masyarakat akan semakin mudah. Potensi di kepulauan Mentawai juga bisa dikembangkan lebih baik lagi. kita harapkan wisata surfing akan semakin berkembang,” kata Jokowi.

Ia juga menyebut telah menyampaikan pesan pada Menteri Perhubungan untuk mengupayakan pesawat ATR bisa mendarat di Mentawai.(R/R5)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.