Putin Siap Buka Ekspor Gandum Ukraina Jika Barat Cabut Sanksi

Moskow, – Presiden Vladimir Putin mengatakan, Moskow siap untuk mencari cara untuk mengirimkan biji-bijian yang terjebak di pelabuhan Ukraina tetapi menuntut Barat terlebih dahulu mencabut sanksi Rusia.

Dalam panggilan telepon yang panjang dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Olaf Scholz Sabtu (29/5), Putin mengatakan kesulitan dalam memasok gandum ke pasar dunia adalah hasil dari kebijakan ekonomi dan keuangan yang salah dari negara-negara Barat.

“Rusia siap membantu menemukan opsi untuk ekspor biji-bijian tanpa hambatan, termasuk ekspor biji-bijian Ukraina dari pelabuhan Laut Hitam,” kata Putin kepada Macron dan Scholz seperti dikutip Al Jazeera.

“Peningkatan pasokan pupuk dan produk pertanian Rusia juga akan membantu mengurangi ketegangan di pasar pangan global, yang tentu saja akan membutuhkan penghapusan sanksi yang relevan,” tambahnya.

Baca Juga:  Al-Fatah Rescue Beri Pembekalan Bantuan Hidup Dasar di SDI As-Shafa Depok

Serangan Rusia di Ukraina dan sanksi Barat telah mengganggu pasokan pupuk, gandum, dan komoditas lain dari kedua negara, memicu kekhawatiran tentang risiko kelaparan di seluruh dunia.

Rusia dan Ukraina memproduksi 30 persen dari pasokan gandum dunia. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.